Pembelajaran di Era Artificial Inteligence: Kajian Literatur
Abstract
Pernelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan dan dampak pembelajaran di era kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI). Penelitian ini mengkaji bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, baik dalam konteks pengajaran maupun pembelajaran mandiri. Selain itu, penelitian ini juga membahas tantangan yang dihadapi, seperti kesenjangan digital, kebutuhan keterampilan baru, serta potensi penggantian peran pendidik oleh mesin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode kajian kepustakaan. Data diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan literatur yangmembahas dinamika pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis AI. Data tersebut kemudian direduksi dan dianalisis secara mendalam untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran di era berbasis AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara yang lebih personal dan efisien. AI memungkinkan pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, serta memberikan umpan balik yang lebih cepat dan akurat. Namun, tantangan seperti ketidaksetaraan akses teknologi, pelatihan guru yang terbatas, dan masalah etika terkait data pribadi harus diatasi. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan infrastruktur teknologi di sekolah, memberikan pelatihan kepada pendidik, serta menyusun kebijakan privasi yang jelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aksaramaya. (2023). Tantangan-Tantangan Literasi Digital di Era Sekarang ini. Kabar Aksaramaya. Diakses melalui: https://aksaramaya.com/tantangan-tantangan-literasi-digital-di-era-sekarang-ini/
Amelia, L. (2023). Artificial Intelligence-Dampak, Tantangan dan Manfaat dalam Bisnis. General Business. Diakses melalui: https://www.linknet.id/article/artificial-intelligence--dampak-tantangan-dan-manfaat-dalam-bisnis
Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 8(1), 35-46. https://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v8i1.764
Fauzi, R. A., Komarudin, A., Wahyudi, A., Faqih, E. A. A., Fadhillah, F., Pandiani, H., ... & Arif, W. F. (2024). Peranan Articial Intelligence dalam Pendidikan. APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 379-385.
Fikar, M., Kamal, T., Hakim, R., & Hanafi, A. H. (2024). Relevansi Sosiologi dan Antropologi dalam Pendekatan Studi Islam: Perspektif Baru Untuk Pemahaman Yang Lebih Mendalam. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 8(2), 350-359.
Fikri, A. (2023). Artificial Intellegence (AI). Scribd. Diakases melalui: https://www.scribd.com/document/732968835/makalah-pendidikan
Hakim, L. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Kemenristek Dirjen Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1. Diakses melalui: https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 13(1), 129-144. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1330.
Hadiyat, Y. D. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Wakatobi). Jurnal Pekommas, 17(2), 81-90. https://doi.org/10.30818/jpkm.2014.1170203
Lofandri, W. (2023). Analisis Predictive Maintenance Peralatan Lab Berbasis Machine Learning. Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, 22-26. http://dx.doi.org/10.37034/jsisfotek.v5i1.164
Luger, G. F. Stubblefield. WA (1993). Artificid irzrelligeticr_ Strrrctrrres atzd srnuegies for cotnpict-probktn soli* irrg.
Maola, P. S., Handak, I. S. K., & Herlambang, Y. T. (2024). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Educatio, 19(1), 61-72., https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24772
Marlim, Y. N., & Kurniawan, W. J. (2018). Perancangan Sistem Pakar untuk Menentukan Kelas pada Anak Berkebutuhan Khusus dengan Metode Fordward Chaining. JOISIE (Journal of Information Systems And Informatics Engineering), 2(2), 7-16. https://doi.org/10.35145/joisie.v2i2.13
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence dengan pembentukan nilai dan karakter di bidang pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148-154. http://dx.doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Oktavian, R., Aldya, R. F., & Arifendi, R. F. (2024). Artificial Intelligence dan Pendidikan Era Society 5.0. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 143-150.
Qatarino, F. D. (2024). Peran AI dan Big Data dalam Mentransformasi Pendidikan Modern. Online Scholarship Competition (OSC). Diakases melalui: https://osc.medcom.id/community/peran-ai-dan-big-data-dalam-mentransformasi-pendidikan-modern-6684
Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126.
Sirait, J. E., & Leorince, L. (2024). Institusi Pendidikan Kristen Sebagai Pilar Kemerdekaan Pendidikan Di Indonesia. Diegesis: Jurnal Teologi, 9(2), 207-231. https://doi.org/10.46933/DGS.vol9i2207-231
Sulaeman, S., Anggraini, R., Paramansyah, A., Fata, T. H., & Judijanto, L. (2024). Peran Artificial Intelligences Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di Era Disruptif. Innovative: Journal ff Social Science Research, 4(1), 5206-5216.
Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi Pembelajaran E-Learning Sebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, 1(2), 221-228. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3532
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.466
Refbacks
- There are currently no refbacks.