Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Rasa Nasionalisme Peserta Didik di MIN I Bima

Bismark Bismark, Nasaruddin Nasaruddin, Ruslan Ruslan

Abstract


Pembelajaran berbasis kearifan lokal merupakan hal penting untuk diajarkan kepada peserta didik. Kearifan lokal adalah ciri khas dari masyarakat pada suatu daerah yang harus dilestarikan,sebagai identitas dan karakter diri dari berbagai aspek kehidupan. Kearifan lokal adalah  sebagai warisan dari generasi sebelumnya yang  perlu dipahami oleh setiap generasi,  agar tidak tergerus beragam unsur-unsur kebudayaan luar. Integrasi pembelajaran yang berbasis kearifan lokal perlu diajarkan di sekolah atau madrasah pada setiap jenjang atau setiap tingkatan. Hali ini perlu dilaksanakan untuk meningkatkan rasa patriotisme dan rasa nasionalisme peserta didik terutama di MIN I Bima. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, menanamkan  pemahaman dan  rasa cinta terhadap kearifan lokal di  daerah atau di lingkungan  terutama  kepada peserta didik MIN I Bima. Juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan studi pustaka. Data dapat dikumpulkan dari berbagai literatur terutama berasal dari jurnal ilmiah serta ebooks. Teknik analisis data dengan cara membahas sumber data dan informasi dengan melakukan pendekatan yang sesuai dengan masalah yang akan dikaji secara mendala Hasil dari penulisan artikel ini peserta didik dapat mengetahui kearifan lokal di daerahnya terutama di lingkungan Madrasah, dan juga menumbuhkan rasa nasionalisme baik di lingkungan sekitarnya terutama di MIN I Bima.

Keywords


Pembelajaran; Kearifan lokal, Rasa Nasionalisme; Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Aini, D. N., & Efendi, A. (2019). Penanaman nilai-nilai nasionalisme pancasila dalam pendidikan vokasi. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 1(1), 34-45. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i1.9

Hariyanto, H. (2021). Pengembangan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 92-98. https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.204

Hasiana, I., Insani, A., & Fachrurrazi, A. (2020). Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini Di Desa Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(1), 29-34. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i1.a2379

Hidayati, D. (2017). Memudarnya nilai kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39-48. https://doi.org/10.14203/jki.v11i1.36

Isnanda, R. (2018, April). Sastra lisan sebagai cerminan kebudayaan dan kearifan lokal bagi masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 2). https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/110

Laksmi, P. A. S., & Arjawa, I. G. W. (2023). Kearifan Lokal dalam Mendukung Pengembangan Industri Kreatif di Provinsi Bali. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 4(1), 1-15.https://doi.org/10.36312/10.36312/vol4iss1pp1-15

Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, A. R., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 404-411. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16174

Mulyati, A. (2023). Pentingnya pendidikan dan pola asuh orang tua dalam penanaman nilai karakter pada anak usia dini. AN-NISA, 13(1), 759-768. http://dx.doi.org/10.30863/an.v13i1.3980

Nursamsi, D. J., & Jumardi, J. (2022). Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341-8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Septemiarti, I., & Dasyah, S. (2023). Penguatan Kecerdasan Perspektif Budaya Dan Kearifan Lokal (ANTROPOLOGIS). Jurnal Literasiologi, 10(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.570

Setiawati, R., & Dewi, D. A. (2021). Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 897-903. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1050

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme melalui Materi Sikap Semangat Kebangsaan dan Patriotisme dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara pada Pembelajaran PKn di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174-199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370

Syarif, F. (2019). Integrasi nilai kearifan lokal terhadap penanamanan nasionalisme bagi siswa sekolah dasar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(2), 187-195. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.26

Umam, R., & Husain, A. M. (2024). Pengintegrasian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Kritikalitas Dan Alternatif Solusi Berdasarkan Literatur. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 5(2), 1-12. https://doi.org/10.20885/abhats.vol5.iss2.art1

Warren, C., & McCarthy, J. F. (Eds.). (2012). Community, Environment and Local Governance in Indonesia. Routledge.

Widia, W., & Sarnita, F. (2020). Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1-5. https://doi.org/10.56842/pendikdas.v1i1.12

Yusuf, M. (2022). Keprofesionalisme Dalam Profesi Keguruan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Negara. Thesiscommons, 2(02), 1–19.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.