Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Rasa Nasionalisme Peserta Didik di MIN I Bima
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, D. N., & Efendi, A. (2019). Penanaman nilai-nilai nasionalisme pancasila dalam pendidikan vokasi. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 1(1), 34-45. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i1.9
Hariyanto, H. (2021). Pengembangan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 92-98. https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.204
Hasiana, I., Insani, A., & Fachrurrazi, A. (2020). Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini Di Desa Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(1), 29-34. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i1.a2379
Hidayati, D. (2017). Memudarnya nilai kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39-48. https://doi.org/10.14203/jki.v11i1.36
Isnanda, R. (2018, April). Sastra lisan sebagai cerminan kebudayaan dan kearifan lokal bagi masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 2). https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/110
Laksmi, P. A. S., & Arjawa, I. G. W. (2023). Kearifan Lokal dalam Mendukung Pengembangan Industri Kreatif di Provinsi Bali. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 4(1), 1-15.https://doi.org/10.36312/10.36312/vol4iss1pp1-15
Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, A. R., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 404-411. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16174
Mulyati, A. (2023). Pentingnya pendidikan dan pola asuh orang tua dalam penanaman nilai karakter pada anak usia dini. AN-NISA, 13(1), 759-768. http://dx.doi.org/10.30863/an.v13i1.3980
Nursamsi, D. J., & Jumardi, J. (2022). Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341-8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Septemiarti, I., & Dasyah, S. (2023). Penguatan Kecerdasan Perspektif Budaya Dan Kearifan Lokal (ANTROPOLOGIS). Jurnal Literasiologi, 10(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.570
Setiawati, R., & Dewi, D. A. (2021). Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 897-903. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1050
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme melalui Materi Sikap Semangat Kebangsaan dan Patriotisme dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara pada Pembelajaran PKn di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174-199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370
Syarif, F. (2019). Integrasi nilai kearifan lokal terhadap penanamanan nasionalisme bagi siswa sekolah dasar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(2), 187-195. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.26
Umam, R., & Husain, A. M. (2024). Pengintegrasian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Kritikalitas Dan Alternatif Solusi Berdasarkan Literatur. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 5(2), 1-12. https://doi.org/10.20885/abhats.vol5.iss2.art1
Warren, C., & McCarthy, J. F. (Eds.). (2012). Community, Environment and Local Governance in Indonesia. Routledge.
Widia, W., & Sarnita, F. (2020). Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1-5. https://doi.org/10.56842/pendikdas.v1i1.12
Yusuf, M. (2022). Keprofesionalisme Dalam Profesi Keguruan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Negara. Thesiscommons, 2(02), 1–19.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.465
Refbacks
- There are currently no refbacks.