Pengembangan Media Pop-Up Book Cerita Daerah Sebagai Upaya Pelestarian Budaya di Kelas II SD

Yeni Wardatunnissa, A Haris

Abstract


Pelestarian budaya lokal merupakan bagian penting dari pendidikan karakter di sekolah dasar. Anak-anak perlu dikenalkan pada nilai-nilai budaya sejak dini melalui media yang menarik dan sesuai dengan usia mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengbangkan media pembelajaran berupa pop-up book yang memuat cerita daerah untuk siswa kelas II SD. Media ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca sekaligus menanamkan kecintaan terhadap budaya lokal. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan langkah-langkah: analisis, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan menarik, mudah dipahami, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD.


Keywords


Pop Book; Cerita Daerah; Pelestarian Budaya

Full Text:

PDF

References


Ajawaila. (2021). Makna budaya lokal dalam penguatan pendidikan karakter.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Astuti, D. W. (2022). Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan pemahaman konsep cerita anak di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 45–52.

Darmiyati, M. (2017, May). Students Success in Mathematics and Its Relationship with the Attitude toward Numeracy Learning. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 402-406). Atlantis Press.

Handayani, N. (2019). Pengaruh penggunaan media berbasis cerita rakyat terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 112–120.

Koentjaraningrat. (2023). Konsep budaya lokal. Diakses dari https://materiedukasi.id

Munandar, S. C. U. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk meningkatkan minat baca siswa SD. Bandung: Alfabeta.

Munib. (2020). Inovasi pembelajaran dalam konteks pendidikan abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 54–63.

Nurfadilah, S. (2020). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 5(2), 101–110.

Putra, P. I. (2022). Peran pendidikan budaya lokal dalam membentuk karakter siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 13–21.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5–6 tahun TK Putera Harapan. Jurnal Mahasiswa, 1–6. Diakses 18 Februari 2018 dari Universitas Negeri Surabaya.

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology. Jakarta: Kencana (Alih Bahasa).

Sari, D. A. (2021). Penggunaan media pop-up book dalam meningkatkan pemahaman cerita rakyat di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 234–241.

Sedyawati, E. (2011). Budaya dalam perspektif pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Instructional technology and media for learning (10th ed.). Boston: Pearson Education.

Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i3.627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.