Identitas di Era Maya: Pencarian Jati Diri Remaja dalam Labirin Media Sosial

Saryuti Saryuti, Haerani Nur

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi pembentukan identitas remaja di era digital melalui penggunaan media sosial. Dengan persentase pengguna internet berdasarkan kategori usia, tercatat sebanyak 91% penggunanya berasal dari kalangan remaja dengan rentang usia 15-19 tahun, fenomena ini menjadi penting untuk dipahami, terutama bagaimana remaja menavigasi identitas mereka dalam konteks budaya yang terus berkembang. Metode yang digunakan adalah studi literatur, yang mencakup analisis 32 artikel dan laporan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berfungsi sebagai platform untuk ekspresi diri dan interaksi sosial, tetapi juga menimbulkan tantangan, termasuk tekanan sosial, krisis identitas, dan dampak negatif terhadap kesehatan mental. Kesenjangan dalam literasi digital dapat menghambat kemampuan remaja dalam mengelola identitas mereka. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan holistik yang melibatkan pendidik, pembuat kebijakan, dan profesional kesehatan mental untuk mendukung perkembangan identitas yang sehat dan otentik di kalangan remaja. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai dinamika identitas remaja dalam konteks digital dan mendukung strategi intervensi yang efektif.

Keywords


Identitas Remaja; Media Sosial; Pembentukan Identitas; Kesehatan Mental; Literasi Digital; Ekspresi Diri.

Full Text:

PDF

References


Al Azis, M. R., & Irwansyah. (2021). FENOMENA SELF-DISCLOSURE DALAM PENGGUNAAN PLATFORM MEDIA SOSIAL. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 120–130. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.189

Aqiilah, D., Soestrisna As, D., & Fauzi, A. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Tindak Kenakalan Remaja. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 219–225. https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1176

Ardi, Z., & Sukmawati, I. (2017). Social Media and the Quality of Subjective Well-Being; Counseling Perspective in Digital Era. International Counseling and Education Seminar, 28–35. http://bk.fip.unp.ac.id/ices2017|pp:28-35

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Channel, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270

Daffa, D. R., Arthuro, D., Fernanda, J. A., & Pratama, Muh. B. W. (2024). Gen-Z: Eksplorasi Identitas Budaya dan Tantangan Sosial Dalam Era Digital. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 169–183. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i2.3112

Dredge, R., & Schreurs, L. (2020). Social Media Use and Offline Interpersonal Outcomes during Youth: A Systematic Literature Review. Mass Communication and Society, 23(6), 885–911. https://doi.org/10.1080/15205436.2020.1810277

Fadhal, S., & Nurhajati, L. (2012). Identifikasi Identitas Kaum Muda di Tengah Media Digital (Studi Aktivitas Kaum Muda Indonesia di Youtube). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 1(3), 176–200. http://main.makeuseoflimited.netdna-cdn.com/

Hidayati, F. R., & Irwansyah. (2021). Privasi “Pertemanan” Remaja di Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 78–91. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.186

Jeyanthi, M. (2022). Social Media and Identity Formation-The Influence of Self-Presentation and Social Comparison. Mind and Society, 11(02), 138–144. https://doi.org/10.56011/mind-mri-112-202216

Khaeriyah, & Natsir, N. (2024). Social Dynamics the Role of Social Media in Shaping Collective Identity. Momentum Matrix: International Journal of Communication, Tourism, and Social Economic Trends, 1(4), 56–66. https://doi.org/10.62951/momat.v1i4.121

Kurniawan, E. P., Hadi S, I. B., & Irwansyah. (2021). Pengungkapan Diri di Situs Media Sosial Youtube. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.1526

Luthfiyyah, N., & Mukramin, S. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Remaja X di SMA Muhammadiyah Kota Makassar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 28–37. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i3.1934

Maya, M. D., Veronika, A., Hadi, R. T., Thesalinika, R., Rizky D.A, S., Siregar, A., Daulay, S. A., & Rif’an, M. (2024). Analisis Dampak Media Digital terhadap Persepsi Identitas Nasional di Kalangan Remaja. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 200–209. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i4.4328

Michikyan, M., & Suárez-Orozco, C. (2016). Adolescent media and social media use: Implications for development. Journal of Adolescent Research, 31(4), 411–414. https://doi.org/10.1177/0743558416643801

Mukhoyyaroh, T. (2020). Anonimitas dan Deindividuasi pada Remaja Pengguna Sosial Media. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 26–32. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.354

Nugraeni, A. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Identitas Sosial Anak Muda. LANCAH: JURNAL INOVASI DAN TREN, 2(1), 142–147. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247

Nugraha, A. P., Kurnia, A., Putra, P. I. P., Rahman, A., & Dikrurahman, D. (2024). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA ON SOCIAL INTERACTION AND SELF-IDENTITY IN INDONESIAN SOCIETY. Journal of Social Research, 3(9), 1–8. https://doi.org/10.55324/josr.v3i9.2254

Nurlela, A., Ras, A., & Usman, M. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pembentukan Identitas Sosial Anak Di Era Digital. Jurnal Neo Societal, 9(4), 185–194.

Olla, W., Hartati, I., & Ajmain. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja di SMP Negeri 1 Simpang Ulim. Public Health Journal, 1(3), 61–76. https://doi.org/10.62710/t6xptt36

Putri, C. E., & Hamzah, R. E. (2022). Analisis Fenomena Penipuan Identitas Diri (Catfishing) pada Literasi Digital Pengguna Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 67–78. https://doi.org/10.55122/kom57.v3i2.520

Putri, M., Fitri, W., Nasril, & Elvina, S. N. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Identitas Diri Remaja. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 14(1), 75–85. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v14i1.5880

Rihan, M. K. R., Priharsari, D., & Hanggara, B. T. (2022). Analisis Kesediaan Berbagi Identitas Digital berdasarkan Faktor Self-Efficacy, Perceived Severity dan Gender. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(11), 5380–5389. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11883

Roli, T. A. (2017). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. KOMUNIKA, 11(2), 184–197. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1365

Rosana, A., & Fauzi, I. (2024). The Role of Digital Identity in the Age of Social Media: Literature Analysis on Self-Identity Construction and Online Social Interaction. Join: Journal of Social Science, 1(4), 477–489. http://dx.doi.org/10.59613/a8yyff42

Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.180

Saputra, W., & Sunarya, Y. (2024). Perkembangan Penelitian Kualitatif dalam pembelajaran Membaca: Sebuah Kajian Studi Literatur. Jurnal Education and Development, 12(3), 64. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6359

Senekal, J. S., Ruth Groenewald, G., Wolfaardt, L., Jansen, C., & Williams, K. (2023). Social media and adolescent psychosocial development: a systematic review. South African Journal of Psychology, 53(2), 157–171. https://doi.org/10.1177/00812463221119302

Shidiqie, N. A., Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. Simpati, 1(3), 98–112. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.225

Sitinjak, Y. (2023). Pembentukan Identitas Individu Dalam Budaya Digital (Studi Kualitatif). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1461–1467. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8020

Situmorang, W., & Hayati, R. (2023). Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Validasi Dan Representasi Diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Syifa, A. N., & Irwansyah. (2022). Dampak Media Sosial Instagram Terhadap Kepercayaan Diri Anak Remaja. Buana Komunikasi: Jurnal Penelitian & Studi Ilmu Komunikasi, 3(2), 102–116. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.2162

Wood, M. A., Bukowski, W. M., & Lis, E. (2016). The Digital Self: How Social Media Serves as a Setting that Shapes Youth’s Emotional Experiences. In Adolescent Research Review (Vol. 1, Issue 2, pp. 163–173). Springer. https://doi.org/10.1007/s40894-015-0014-8

Wulandari, D. (2022). Social Media Naming as Part of Teenager Constructed Identity. E3S Web of Conferences, 359. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202235903024




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i02.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.