Identitas di Era Maya: Pencarian Jati Diri Remaja dalam Labirin Media Sosial
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Azis, M. R., & Irwansyah. (2021). FENOMENA SELF-DISCLOSURE DALAM PENGGUNAAN PLATFORM MEDIA SOSIAL. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 120–130. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.189
Aqiilah, D., Soestrisna As, D., & Fauzi, A. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Tindak Kenakalan Remaja. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 219–225. https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1176
Ardi, Z., & Sukmawati, I. (2017). Social Media and the Quality of Subjective Well-Being; Counseling Perspective in Digital Era. International Counseling and Education Seminar, 28–35. http://bk.fip.unp.ac.id/ices2017|pp:28-35
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Channel, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270
Daffa, D. R., Arthuro, D., Fernanda, J. A., & Pratama, Muh. B. W. (2024). Gen-Z: Eksplorasi Identitas Budaya dan Tantangan Sosial Dalam Era Digital. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 169–183. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i2.3112
Dredge, R., & Schreurs, L. (2020). Social Media Use and Offline Interpersonal Outcomes during Youth: A Systematic Literature Review. Mass Communication and Society, 23(6), 885–911. https://doi.org/10.1080/15205436.2020.1810277
Fadhal, S., & Nurhajati, L. (2012). Identifikasi Identitas Kaum Muda di Tengah Media Digital (Studi Aktivitas Kaum Muda Indonesia di Youtube). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 1(3), 176–200. http://main.makeuseoflimited.netdna-cdn.com/
Hidayati, F. R., & Irwansyah. (2021). Privasi “Pertemanan” Remaja di Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 78–91. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.186
Jeyanthi, M. (2022). Social Media and Identity Formation-The Influence of Self-Presentation and Social Comparison. Mind and Society, 11(02), 138–144. https://doi.org/10.56011/mind-mri-112-202216
Khaeriyah, & Natsir, N. (2024). Social Dynamics the Role of Social Media in Shaping Collective Identity. Momentum Matrix: International Journal of Communication, Tourism, and Social Economic Trends, 1(4), 56–66. https://doi.org/10.62951/momat.v1i4.121
Kurniawan, E. P., Hadi S, I. B., & Irwansyah. (2021). Pengungkapan Diri di Situs Media Sosial Youtube. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.1526
Luthfiyyah, N., & Mukramin, S. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Remaja X di SMA Muhammadiyah Kota Makassar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 28–37. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i3.1934
Maya, M. D., Veronika, A., Hadi, R. T., Thesalinika, R., Rizky D.A, S., Siregar, A., Daulay, S. A., & Rif’an, M. (2024). Analisis Dampak Media Digital terhadap Persepsi Identitas Nasional di Kalangan Remaja. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 200–209. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i4.4328
Michikyan, M., & Suárez-Orozco, C. (2016). Adolescent media and social media use: Implications for development. Journal of Adolescent Research, 31(4), 411–414. https://doi.org/10.1177/0743558416643801
Mukhoyyaroh, T. (2020). Anonimitas dan Deindividuasi pada Remaja Pengguna Sosial Media. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 26–32. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.354
Nugraeni, A. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Identitas Sosial Anak Muda. LANCAH: JURNAL INOVASI DAN TREN, 2(1), 142–147. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247
Nugraha, A. P., Kurnia, A., Putra, P. I. P., Rahman, A., & Dikrurahman, D. (2024). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA ON SOCIAL INTERACTION AND SELF-IDENTITY IN INDONESIAN SOCIETY. Journal of Social Research, 3(9), 1–8. https://doi.org/10.55324/josr.v3i9.2254
Nurlela, A., Ras, A., & Usman, M. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pembentukan Identitas Sosial Anak Di Era Digital. Jurnal Neo Societal, 9(4), 185–194.
Olla, W., Hartati, I., & Ajmain. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja di SMP Negeri 1 Simpang Ulim. Public Health Journal, 1(3), 61–76. https://doi.org/10.62710/t6xptt36
Putri, C. E., & Hamzah, R. E. (2022). Analisis Fenomena Penipuan Identitas Diri (Catfishing) pada Literasi Digital Pengguna Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 67–78. https://doi.org/10.55122/kom57.v3i2.520
Putri, M., Fitri, W., Nasril, & Elvina, S. N. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Identitas Diri Remaja. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 14(1), 75–85. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v14i1.5880
Rihan, M. K. R., Priharsari, D., & Hanggara, B. T. (2022). Analisis Kesediaan Berbagi Identitas Digital berdasarkan Faktor Self-Efficacy, Perceived Severity dan Gender. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(11), 5380–5389. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11883
Roli, T. A. (2017). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. KOMUNIKA, 11(2), 184–197. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1365
Rosana, A., & Fauzi, I. (2024). The Role of Digital Identity in the Age of Social Media: Literature Analysis on Self-Identity Construction and Online Social Interaction. Join: Journal of Social Science, 1(4), 477–489. http://dx.doi.org/10.59613/a8yyff42
Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.180
Saputra, W., & Sunarya, Y. (2024). Perkembangan Penelitian Kualitatif dalam pembelajaran Membaca: Sebuah Kajian Studi Literatur. Jurnal Education and Development, 12(3), 64. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6359
Senekal, J. S., Ruth Groenewald, G., Wolfaardt, L., Jansen, C., & Williams, K. (2023). Social media and adolescent psychosocial development: a systematic review. South African Journal of Psychology, 53(2), 157–171. https://doi.org/10.1177/00812463221119302
Shidiqie, N. A., Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. Simpati, 1(3), 98–112. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.225
Sitinjak, Y. (2023). Pembentukan Identitas Individu Dalam Budaya Digital (Studi Kualitatif). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1461–1467. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8020
Situmorang, W., & Hayati, R. (2023). Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Validasi Dan Representasi Diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118
Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243
Syifa, A. N., & Irwansyah. (2022). Dampak Media Sosial Instagram Terhadap Kepercayaan Diri Anak Remaja. Buana Komunikasi: Jurnal Penelitian & Studi Ilmu Komunikasi, 3(2), 102–116. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.2162
Wood, M. A., Bukowski, W. M., & Lis, E. (2016). The Digital Self: How Social Media Serves as a Setting that Shapes Youth’s Emotional Experiences. In Adolescent Research Review (Vol. 1, Issue 2, pp. 163–173). Springer. https://doi.org/10.1007/s40894-015-0014-8
Wulandari, D. (2022). Social Media Naming as Part of Teenager Constructed Identity. E3S Web of Conferences, 359. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202235903024
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i02.485
Refbacks
- There are currently no refbacks.