Batik sebagai Representasi Identitas Nasional dalam Perspektif Gen Z

Elvin Nur Azizah, Erick Erlando, Eva Luthfiyyatun Nadiroh, Fauziah Dian Anindya, Haryo Bayu Samudro, Hayana Qanitah Turhadi

Abstract


Generasi Z (Gen Z) adalah kelompok individu yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012 dan tumbuh dalam era digital yang penuh dengan kemajuan teknologi seperti internet, smartphone, dan media sosial, sehingga dijuluki sebagai digital natives. Batik adalah warisan budaya Indonesia sejak abad ke-16 berupa karya seni rupa terapan kain bercorak yang ditorehkan lilin malam. Generasi Z yang hidup pada masa modern memerlukan pemahaman mengenai batik sebagai salah satu kekayaan bangsa. Selain itu, tren batik modern yang terus menginvasi kalangan generasi muda menyebabkan banyaknya permasalahan yang positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat pemakaian batik dan perspektif generasi Z terhadap pemakaian batik di lingkungan kampus sebagai representasi cinta tanah air dan menjaga identitas nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada generasi Z pada universitas di seluruh Indonesia. Tujuan kuesioner ini untuk mengetahui minat pemakaian batik, pandangan terhadap tren batik modern, dan batik sebagai representasi cinta tanah air. Hasil studi menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyukai tren batik modern dan memiliki minat besar dalam pemakaiannya di kehidupan sehari-hari.

Keywords


Batik; Identitas Nasional; Perspektif; Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2023). Generasi muda dan warisan budaya: Studi ketertarikan terhadap batik. Jakarta: Penerbit Nusantara.

Adjani, S.M. (2024). Wastra batik as a fashion interest among Generation Z in the community of Remaja Nusantara. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 280-285. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3447

Elmiani, H.I. (2020). Motivasi milenial pada penggunaan outfit batik (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2), 108–120. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183048

Fitriani, R. (19 Oktober 2023). Batik: Warisan budaya hingga menjadi tren fashion di era modern. Diakses dari: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/10/19/batik-warisan-budaya-hingga-menjadi-tren-fashion-di-era-modern

Ghodang, H. & Hantono. (2020). Metode penelitian kuantitatif: Konsep dasar dan aplikasi analisis regresi dan jalur dengan SPSS. Medan: Mitra Group

Hamisa, W., Pratiwi, Y. S., Fijianto, D., & Alfaris, L. (2023). Upaya Mempertahankan Identitas Nasional bagi Generasi Muda di Era Globalisasi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 7463-7472. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3008

Haniyah, A., Pujaastawa, I.B.G., & Sutrisno, N. (2024). Implikasi keberadaan komunitas cinta berkain Indonesia (KCBI) Provinsi Bali di Kota Denpasar. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(8), 21–30. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v4i8.5067

Juniarti, G. & Prathama, N.A. (2023). Adanya nasionalisme di media digital (Analisis tweet tentang baju batik pada KTT G20). Jurnal Jambura Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 253-267. https://doi.org/10.37905/jacedu.V2i1.14503

Nugroho, M.F.A. & Reswari, N.Z.Y. (2024). Kampanye budaya hari batik guna meningkatkan kecintaan Gen-Z pada batik. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 2(1), 343-350. https://doi.org/10.572349/kultura.v2i1.934

Sandi, S.P.H., Hasanah, R.U., & Lesmana, D. (2020). Pengembangan dan pelestarian eb batik di era modern. Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 1-10. http://journal.ubpkarawang.ac.id/mahasiswa/index.php/JMMA/article/download/29/23

Saputra, A. & Lestari, M. (2021). Pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental Gen Z. Jurnal Psikologi Indonesia, 14(3), 89-100. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/view/180

Saraswati, R. (2022). Media Sosial dan Transformasi Fashion Batik. Yogyakarta: Citra Media

Supriono, P. (2016). The Heritage of Batik-Identitas Pemersatu Kebanggaan Bangsa. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Trixie, A.A. (2020). Filosofi motif batik sebagai identitas bangsa Indonesia. Folio, 1(1), 1-9. https://journal.uc.ac.id/index.php/FOLIO/article/view/1380

Ulifah, D. & Suwanda, I.M. (2020). Strategi sekolah dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada peserta didik di SMPN 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 871-886. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n3.p871-886

Widoyo, H. (2 Februari 2021). Melestarikan budaya batik pada generasi muda. https://binus.ac.id/character-building/2021/02/melestarikan-budaya-batik-pada-generasi-muda/

Wulandari, A. (2022). Batik Nusantara: Makna filosofis, cara pembuatan, dan industri batik. Yogyakarta: Penerbit Andi

Zubaedah, S. & Hidayah, U.N. (2023). Batik dan media pembelajaran: Upaya melestarikan budaya lokal Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kapanewon Imogiri Bantul. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 103-115. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.11315




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.