Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Menggunakan Teknik Gambar Bercerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Safrina Ilmi Nur Azzah, Esti Swatika Sari, Kastam Syamsi

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari segi efektivitas waktu pembelajaran dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi vlog berita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, Teknik analisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Dalam proses pembelajaran peserta didik cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan agar peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran juga mempunyai peranan penting berperan dalam hasil belajar. Strategi pembelajaran project-based learning merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Kemudian, strategi project-based learning dipadukan dengan teknik gambar bercerita. Melalui berbagai tahapan strategi, peserta didik dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.


Keywords


Project Based Learning; Teknik Gambar Bercerita; Strategi Vlog; Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Akhyar, F. (2019, April). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung (Vol. 1, No. 1, pp. 77-90).

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Blumenfeld, P., Fishman, B.J., Krajcik, J., Marx, R.W. & Soloway, E. (2000). Creating usable

innovations in systemic reform: scaling up technology-embedded project-based science in

urban schools. Educational Psychologist.

Chadijah, S. (2024). Upaya Meningkatkan Literasi Anak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Bercerita. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 104-117.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project-based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285-291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448

Hardiansyah, H. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Herawati, S. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 35-44. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i2.2590

Kemalasari, D., Widaningsih, E., & Ananthia, W. (2016). Media Gambar Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10541

Maharani, N. M. A. P., Ardana, I. K., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A Di Tk Ikal Widya Kumara Sidakarya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 25-35. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18742

Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiatun, S. (2021). Story Telling Menggunakan Media Gambar Berbasis Pengetahuan Lokal Madura Sebagai Strategi Dalam Berbicara Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 93-96. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12410

Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2018). Desain model pembelajaran keterampilan berbahasa bagi siswa sekolah dasar se-Kalimantan Utara. Jurnal Borneo Humaniora, 1(2), 25-29. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v1i2.872

Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 95-102.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan I). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto, M. P. (2024). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wayan, N. N. (2021). Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita pada Kelompok B di Paud Hindu Dharma Sastra, Desa Pelaga, Kecamatan Petang Kabupaten Badung Tahun 2020/2021. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 116-124. https://doi.org/10.25078/pw.vi.415




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i02.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.