Kajian Literatur Mengenai Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model PBL

Faidin Faidin, Suharti Suharti

Abstract


Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi serta Seni sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan proses berpikir dan pemecahan masalah siswa. Oleh karena demikian, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah dua kemampuan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa dalam mengarungi hidup dI berbagai lini kehidupan. Kearifan lokal menjadi hal krusial dalam memicu proses berpikir dan pemecahan masalah terlebih pada sejarah lokal di daerah. Perihal ini adalah aktivitas yang membantu siswa dalam menggali, mengamati, menganalisis dan kritis terhadap suatu yang ditemukan. Sehingga kemudian proses berpikir tersebut dapat memberikan solusi pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi. Penulis menggunakan studi pustaka untuk melihat data dari jurnal, website, dan buku. Kemudian wawancara kepada siswa. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dengan basis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model PBL

Keywords


Kajian Literatur; Kemampuan Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah; Kearifan Lokal; Pembelajaran Sejarah; Model PBL

Full Text:

PDF

References


Ahyani, N. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dalam Rangka Dies Natalis ke 37 Universitas Sebelas Maret, 1-13. https://media.neliti.com/media/publications/171514-ID-kemampuan-berfikir-kritis-dalam-pembelaj.pdf

Aisah, S., Ristona, & Alberida, H. (2023). Studi Literatur Mengenai Penggaruh Penerapan Model PBL Berpendekatan Etnosains Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal Of Science Education, 159-168.

Bariyah EM, Hidayatullah I, Jaenudin E. (2022). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. J Jendela Pendidik [Internet]. 2022;02(02):284–94. Available from: https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6

Faidin, Agus, M., & Sjamsuddin, H. (2019). Muatan Lokal Nahdlatul Wathan untuk Menggali Nilai-Nilai Nasionalisme di Madrasah Aliyah Kota Mataram. Diakronika, 1-16.

Faidin, Suharti, & Lukman. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Ekologis untuk Mendukung Program Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 1-9.

Faidin dan Suharti. (2022). Pembentukan Karakter dan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pelaksanaan Materi Sejarah dan Kebudayaan dalam Kajian IPS SD. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. Vol. 7, No. 1, Juni 2022, Hal. 67-73,p-ISSN 2549-7332 | e-ISSN 2614-1167, https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.9663

Faidin, & Suharti. (2023). Implementasi Nilai Multikultural untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter. AL GAZALI: International Journal of Educational Research, 1-10.

Muhtarom, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1-8

Nugraha, V. A., & Suliyanah. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Kayangan Api untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksplorasi Pendidikan, 1-11.

Putri AS, Aznam N. (2019). The Effect of The Science Web Module Integrated on Batik’s Local Potential Towards Students’ Critical Thinking and Problem Solving (Thinking Skill). J Sci Learn. 2019;2(3):92–6.

Sholihah TM, Lastariwati B. (2020). Problem based learning to increase competence of critical thinking and problem solving. J Educ Learn. 2020;14(1):148–54.

Simanjuntak MP, H. J. (2021). Effectiveness of problem-based learning combined with computer simulation on students’ problem-solving and creative thinking skills. International Journal of Instruction, 519-534.

Suharti, Faidin, Ibrahim, & Fajrun. (2022). Upaya Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Muatan Lokal Menggunakan Model 4C. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1-8.

Suharti, & Faidin. (2023). Effectiveness of a Critical Literacy Program Based on the PjBL Model to Improve Students' Critical Reading and Creative Writing and English. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i3.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.