Kajian Literatur Mengenai Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model PBL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyani, N. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dalam Rangka Dies Natalis ke 37 Universitas Sebelas Maret, 1-13. https://media.neliti.com/media/publications/171514-ID-kemampuan-berfikir-kritis-dalam-pembelaj.pdf
Aisah, S., Ristona, & Alberida, H. (2023). Studi Literatur Mengenai Penggaruh Penerapan Model PBL Berpendekatan Etnosains Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal Of Science Education, 159-168.
Bariyah EM, Hidayatullah I, Jaenudin E. (2022). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. J Jendela Pendidik [Internet]. 2022;02(02):284–94. Available from: https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6
Faidin, Agus, M., & Sjamsuddin, H. (2019). Muatan Lokal Nahdlatul Wathan untuk Menggali Nilai-Nilai Nasionalisme di Madrasah Aliyah Kota Mataram. Diakronika, 1-16.
Faidin, Suharti, & Lukman. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Ekologis untuk Mendukung Program Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 1-9.
Faidin dan Suharti. (2022). Pembentukan Karakter dan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pelaksanaan Materi Sejarah dan Kebudayaan dalam Kajian IPS SD. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. Vol. 7, No. 1, Juni 2022, Hal. 67-73,p-ISSN 2549-7332 | e-ISSN 2614-1167, https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.9663
Faidin, & Suharti. (2023). Implementasi Nilai Multikultural untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter. AL GAZALI: International Journal of Educational Research, 1-10.
Muhtarom, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1-8
Nugraha, V. A., & Suliyanah. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Kayangan Api untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksplorasi Pendidikan, 1-11.
Putri AS, Aznam N. (2019). The Effect of The Science Web Module Integrated on Batik’s Local Potential Towards Students’ Critical Thinking and Problem Solving (Thinking Skill). J Sci Learn. 2019;2(3):92–6.
Sholihah TM, Lastariwati B. (2020). Problem based learning to increase competence of critical thinking and problem solving. J Educ Learn. 2020;14(1):148–54.
Simanjuntak MP, H. J. (2021). Effectiveness of problem-based learning combined with computer simulation on students’ problem-solving and creative thinking skills. International Journal of Instruction, 519-534.
Suharti, Faidin, Ibrahim, & Fajrun. (2022). Upaya Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Muatan Lokal Menggunakan Model 4C. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1-8.
Suharti, & Faidin. (2023). Effectiveness of a Critical Literacy Program Based on the PjBL Model to Improve Students' Critical Reading and Creative Writing and English. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1-13.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i3.318
Refbacks
- There are currently no refbacks.