Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bolo
Abstract
Penelitian ini adalah termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan alur kegiatan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2019/2020 menggunakan model learning cycle berbantuan kartu. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai,54,29%, dan aktivitas belajar siswa 13,725 berada dalam kategori cukup aktif. Pada siklus II meningkat menjadi 77,14%, dan aktivitas siswa juga meningkat menjadi 16,15. Pada siklus III ini, menjadi 88,89%, dan, aktivitas belajar siswa 18,25 termasuk dalam kategori aktif. Ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target kurikulum yang diharapkan yaitu sebesar ³ 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model Learning Cycle berbantuan kartu dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII A semester II di SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dasna, I Wayan. (2004). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Melalui Pengembangan Bahan Ajar. Makalah Disajikan Dalam Seminar dan Workshop Calon Fasilitator Kolaborasi FMIPA UM-MGMP MIPA Kota Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Djamarah, B. S. (2011). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Hardhy. (2012). Broad Based Education Life Skill dengan Model Pelaksanaan Pembelajaran Kecakapan Hidup di Sekolah. Bandung: Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.
Indrawati. (2005). Model-model Pembelajaran IPA. Bandung: PPPG IPA.
Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i01.93
Refbacks
- There are currently no refbacks.