Penerapan Permainan Puzzle Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 2 Bolo

M. Mulyadin, F Firmansah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test group design. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII SMPN 2  Bolo Kabupaten Bima. Indikator keberhasilan adanya perbedaan prestasi belajar sebelum dan selah digunakan permainan  puzzle. Permaina puzzle dapat dikatakan efektif jika dapat menjawab hipotesis penelitian t >t Berdasarkan hasil analisis uji-t yang dilakukan, diperoleh t= 2,341 sedangkan  t  pada taraf kepercayaan 95% (db = 40) adalah 1,632, karena t> t maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa permainan puzzle sebagai media pembelajaran berpengaruh dalam peningkatan prestasi sains siswa kelas VII SMPN 2  Bolo Kabupaten Bima.  Sedangkan untuk respon siswa sebanyak 23% berpendapat sangat baik, 64,4% berpendapat baik, dan 12,6% berpendapat cukup.

Keywords


Puzzle & Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Eli, R. N., & Sari, S. (2018). Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(2), 135-144.

Hidayati, E. W. (2018). Penggunaan Media Puzzle Konstruksi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1), 61-88.

Juwadi, I. (2013). Penerapan Media Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Anak Tunagrahita Ringankelas I Di SLB/C TPA JEMBER. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1).

Januari, S. T., & Suprayitno, D. (2015). Penggunaan Media Games Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1882-1891.

Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas VIII MTs N 1 Semarang. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2).

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish.

Syarifah, D. L. (2010). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS sumber daya alam di SDN Pekoren I Rembang Pasuruan. Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS sumber daya alam di SDN Pekoren I Rembang Pasuruan/Dian Lailatus Syarifah.

Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i01.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.