Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbasis PjBL dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas VI SDN 2 Tente

Dahlia Dahlia, Eva Nursa’ban, Yeni Wardatunnissa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mengetahui implementasi model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbasis PjBL dalam meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas VI SDN 2 Tente. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan menggunakan desain Konvergen Paralel dan Sekuensial Eksplanatori.  Populasi penelitian sebanyak 350 siswa. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa kelas VI SDN 2 Tente Kabupaten Bima, terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan yang ditentukan dengan teknik non-probability sampling berbentuk purposive sampling. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDN 2 Tente Kabupaten Bima. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik angket skala likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif/ model air dan teknik analisis data uji spearman. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model konvensional pada kelas pretest tidak menunjukkan hasil yang signifikan dari hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Tente Kabupaten Bima. Hal tersebut berbanding terbalik setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbasis PjBL. Nilai presentase maksimum yang didapat siswa dari penerapan model pembelajaran konvensional sebesar 14% dan nilai presentase maksimum dari penerapan model sebesar 60%. Implementasi model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbasis PjBL pada siswa kelas VI SDN 2 Tente Kabupaten Bima sangat efektif dalam menumbuhkembangkan keterampilan membaca siswa, serta turut meningkatkan aspek kognitif dan afektif.


Keywords


Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw; PjBL; Keterampilan Membaca; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agusdianita, N. (2023). Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Tematik, SHEs: Conference Series 6(3), 160-166.

Agustin, A., & Ibnu, M. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 226.

Agustina, L., Kusmiyati., & Soesiana, T. E. S. (2022). Peranan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMKN2 Bangkalan. Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP), 2(1), 12.

Ahyani, R. R. (2022). Meningkatkan upaya Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 55-59.

Arends, R. (2008). Learning to Teach belajar untuk Mengajar. Edisi ketujuh. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Dwia, B. P., et al. (2024). Perkembangan dan Pemberlakuan Kurikulum di Indonesia. JCP: Jurnal Citra Pendidikan, 4(3), 1922-1924.

Heriwan, D., & Taufina. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 4(3), 675.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330.

Kasan, T. (2009). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91.

Lubis, N. A. & Hasrul, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 97.

Nursa’ban, E., Ewisahrani, E., & Fathurrahmaniah, F. (2021). Penggunaan Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2), 572–576.

Pribadi, R. A., Azizah, M., & Syafariah, R. E. (2023). Kinerja Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2510–2517.

Rahmawati, H., et al. (2023). Peran Guru Penggerak terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039–4050.

Rahmi, D. A., Jannatul, M. & Jesi, A. A. (2024). Analisi Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 35.

Tahulending, G., Saiful, A., & Markus, T. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Nasional Kahuku. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2837.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L.L. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, Y.P.E., Titik, N., & Megawati. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i2.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.