Efektivitas Strategi Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah pada Materi Ekosistem: Kajian Literatur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran bermain peran dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa pada topik ekosistem. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen dengan prosedur yang melibatkan pembagian peran, penyusunan dialog, pelaksanaan, serta refleksi dan diskusi. Objek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah menengah, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bermain peran efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa. Siswa menunjukkan partisipasi aktif dan kemampuan lebih baik dalam menjelaskan konsep ekosistem melalui peran yang dimainkan, termasuk menghubungkan komponen biotik dan abiotik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, H., & Syamsuddin, R. (2023). Interactive learning strategies to enhance scientific communication in secondary schools. Journal of Science Education Research, 12(1), 45–57.
Hidayati, N., & Pratiwi, S. (2022). Simulation-based learning to improve conceptual understanding in science education. International Journal of Learning and Instruction, 18(3), 122–133.
Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan: Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 113-114.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperation and competition: Theory and research. Interaction Book Company.
Ramadhani, D. (2021). Student engagement through role playing in science classrooms. Journal of Educational Practice, 9(4), 210–219.
Santrock, J. W. (2021). Educational psychology (7th ed.). McGraw-Hill.
Sibarani, L. W. (2024). Penerapan model role playing untuk meningkakan hasil belajar IPA di Kelas V SD Negeri 200223 Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). 14-16.
Slavin, R. E. (2020). Educational psychology: Theory and practice (13th ed.). Pearson.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i2.830
Refbacks
- There are currently no refbacks.



