PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IX-III MTSN 2 KOTA BIMA

Asni Asni

Abstract


Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan dengan 2 siklus dengan prosedur penelitian; Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Act). Observasi (Observe) & Refleksi (Reflect). Subjek penelitian adalah kelas IX-3 MTs Negeri 2 Kota Bima dengan jumlah peserta didik 36 orang. Penelitian ini dilakukan 3 bulan Dilaksanakan pada tanggal 19 Juli sampai dengan 16 Oktober 2021. Standar ketuntasan maksimal yang diterapkan pada penelitian ini adalah 80 dengan Indikator ketuntasanklasikal adalah 80%. Hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata 79 maka terdapat 25 peserta didik yang tuntas dan 11 peserta didik yang tidak tuntas. Sehingga ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 69%  sehingga dilanjutkan pada siklus II.  Hasil penelitian pada siklus II dengan rata-rata 85 maka terdapat 30 peserta didik yang tuntas dan 6 peserta didik yang tidak tuntas. Maka ketuntasan klasikal pada siklus II adalah 83%  sehingga siklus pembelajaran bisa dihentikan karena sudah memenuhi indikator ketuntasan klasikal.

Keywords


PTK, Strategi Mind Mapping dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dahar, W Ratna. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Bina aksara

Devi, R. S., Yuliariatiningsih, M. S., & Mulyati, T. (2015). Efektivitas Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal PGSD Kampus Cibiru. Vol. 03. No.02.

Ibrahim, M. (2011). Assessmen berkelanjutan, konsep dasar tahapan pengembangan dan contoh. Surabaya: Unesa University Prees.

____________. (2012). Pembelajaran inkuiri. Jakarta : Rhineka Cipta

Kuntoro, B. T., & Hardjono, N. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA SD. Primary: Jurnal Pendidikan Dosen Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i1.7120

Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Hahasiswa Pada Materi Meneladani Patriotisme Pahlawan. (2016). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dosen Sekolah Dasar.

Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar MahaPeserta Didik pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan. (2018). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dosen Sekolah Dasar.

Syam, N., & Ramlah, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta didik Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1612

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1459




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v2i2.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.