Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Materi Pencemaran Lingkungan di Sekolah Dasar

Ai Mamay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengembangan keterampilan abad ke-21, khususnya kreativitas, yang masih kurang terfasilitasi melalui pembelajaran konvensional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe non-equivalent control group design. Subjek penelitian melibatkan dua kelas IV di SD Negeri Puncaksari, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model PJBL dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Instrumen penelitian mencakup tes kreativitas, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PJBL secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dibandingkan model konvensional, dengan rata-rata nilai kreativitas siswa berada di atas KKM. Aspek orisinalitas, fleksibilitas, dan elaborasi siswa berkembang secara optimal. Respon siswa terhadap model PJBL tergolong sangat positif dengan tingkat kepuasan sebesar 88,39%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PJBL efektif diterapkan dalam pembelajaran IPAS untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan abad ke-21 siswa sekolah dasar.

Keywords


Project Based Learning, kreativitas, IPAS, pembelajaran inovatif

Full Text:

PDF

References


Fitriani, N., Rahma, D., & Hadi, S. (2021). Penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–52.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, A. P., Ramdhani, R., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas dan kolaborasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(2), 101–110.

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C dalam pembelajaran IPS untuk menjawab tantangan abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36–43.

Pratama, A., & Dewi, S. (2024). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 165/1 Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Pratama, B., & Dewi, A. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3), 75–82.

Rahmawati, I. (2020). Peningkatan kreativitas melalui model PJBL pada pembelajaran IPA. Jurnal Sains dan Pendidikan, 4(2), 134–140.

Runco, M. A., & Acar, S. (2012). Divergent thinking as an indicator of creative potential. Creativity Research Journal, 24(1), 66–75.

Sari, D. P., Suryani, N. L., & Suarni, N. K. (2019). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 123–132.

Sari, T., & Nugroho, W. (2022). Pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 10(2), 112–119.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i2.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.