Pengaruh Media Roda Putar Bangun Datar terhadap Literasi Numerik Peserta Didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Jombor 01
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan media roda putar terhadap literasi numerik pada materi bangun datar kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Jombor 01 Tahun Ajaran 2023/2024 berjumlah 20 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dimana penelitian ini bersifat teratur, terorganisir, serta hasil dari penelitian diungkapkan dalam bentuk angka-angka. Serta penelitian ini menggunnakan teknik pengambilan data berupa uji validitas dan uji reabilitas serta uji prasyarat data berupa (uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas) Serta uji t-test untuk pengambilan keputusan atau hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media roda putar bangun datar secara signifikan menghasilkan penilian literasi numerik yang lebih tinggi. Hasil perhitungan didapatkan nilai df 38 pada taraf signifikan 5% dengan nilai ttabel 2,024 dan thitung sebesar 7,862 maka lebih besar daripada ttabel, dari perhitungan tersebut diperoleh t hitung > ttabel maka, hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol ditolak. Artinya ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan menggunakan media roda putar dan kelas control dengan menggunakan media lama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Falufi, N. S. (2023). Pengaruh media pembelajaran roda putar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sd negeri 66 rejang lebong.
khoerul ummah. (2022). Pengembangan Media Permainan Roda Balap Matematika. 8.5.2017, 2003–2005.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Larasati, B. K., Puspitasari, M. R., Wajihan, U., & Sari, N. K. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Papan Garis Bilangan Siswa Kelas Vi Sdn Laban 01. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 93–98. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1372
Dwi Isjayanti, M., Aditia Ismaya, E., & Khamdun. (2023). Hasil Belajar Ipas Menggunakan Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas Iv Sd N Pati Wetan 03. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1612–1620. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.887
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.320
Refbacks
- There are currently no refbacks.