Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Program Linear Kelas XI SMAN 1 Sape
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Script terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan program linear kelas XI SMA Negeri 1 Sape. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain yang dinggunakan adalah Posttest Only Control Design, dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Popolasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sape dengan jumlah keseluruhan 210 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 5 (eksperimen) dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas XI IPA 6 (kontrol) dengan jumlah siswa 36 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa posttest. Instrumennya berupa soal uraian yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung = 0,208163 dan nilai ttabel = 1,994437 pada taraf siginifikan 5% dan n = 72, uji satu pihak diperoleh dk = 72 – 2 = 70. Dk yang dekat dengan 70 dan 72 ditemukan dengan nilai ttabel sebesar 1,994437. karena harga thitung lebih kecil dari ttabel (0,208163< 1,994437) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam materi program linear yang diajarkan dengan model pembelajaran cooperative tipe script tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan program linear kelas XI SMAN 1 Sape
Keywords
Cooperative Tipe Script, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Asmarini. (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri Peserta Didik Kelas X MAN Tulungagung.
Erni, (2018) Penerapan Model the Power Of Two untuk meningkatkan hasil belajar. Siswa Kelas IV MIN 7 Bandar Lampung.
Maryani, Lihawa, & Nurfaika. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.
Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Suyoto S., (2015) Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. hal. 57 – 58.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v1i1.25
Refbacks
- There are currently no refbacks.