Model Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Aspek Berbicara Materi Teks Deskriptif
Abstract
Masalah utama yang diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Inggris yang dicapai oleh siswa kelas VII SD-SMP Satap 1 Lingsar dalam aspek berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SD-SMP Satap 1 Lingsar pada kelas VII, Semester Genap, tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dalam penelitian meliputi empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi (bertindak), (3) pengamatan (mengamati), (4) refleksi (merefleksikan). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Hasil pada siklus I memiliki nilai rata-rata 79, 2) Ketuntasan Belajar pada siklus I sebesar 78%, 3) Hasil pada siklus II memiliki nilai rata-rata 79, dan 4) Ketuntasan Belajar pada siklus II sebesar 100%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning pada mata pelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arief S. & Sadiman. (1986). Asosiasi Pendidikan Nasional. Bandung: Alfabeta
Arikunto & Suharsimi. (2010). Penilaian Program Pendidikan, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, Dirjen Dikti.
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.
Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jkaarta: Bina Aksara. Pablo Picasso. 1986. Menggambar dan Menggambar Bentuk. Bandung: Alfabeta.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Ratnadewi, D. (2009). Pembelajaran bahasa Inggris tematik integratif: Sebuah alternatif model pembelajaran bahasa Inggris di SMK. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 9(2).
Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 63-78.
Surakmad & Winarno. (1982). Pengantar Interaksi Mengajar Belajar: Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Kota Bandung. Tarsito.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v2i2.233
Refbacks
- There are currently no refbacks.