Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa

S. Sarfiah, Y. Yusuf

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) di kelas IV semester I pada MIS Rite Kecamatan Ambalawi Bima. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan dan dilakukan dalam tiga siklus. Data kegiatan belajar mengajar diperoleh dengan cara melakukan observasi kelas, hasil siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 52,63%, siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 68,42%, dan pada siklus III ketuntasannya sebesar 79,49%. Sedangkan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui penyebaran angket pada siswa. Data mengenai ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes pada setiap akhir siklus setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran yang digunakan. Dari data hasil pengamatan dan tes terhadap siswa terlihat adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa. Sedangkan dari angket yang sudah disebarkan, terlihat bahwa para siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada interval tinggi dan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa

Keywords


Kooperatif Tipe TPS & Motivasi

Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. (2013). Materi Pelatihan Terintegrasi IPA Buku 3: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.

Nurhadi, dkk. 2014. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dede, R. (2014). Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sardiman (2015). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester SKS. Jakarta: Bumi Aksara.

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 467-473.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v1i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.