Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa

W. Widia, Fitria Sarnita

Abstract


Penelitan ini adalah penelitan penerapan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 7 Sila Kecamata Bolo Kabupaten Bima NTB.Peneliti mendesain percobaan sederhana menggunakan bahan yang ada disekitar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah one group pretest-posttest design, dengan menggunakan satu kelompok subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa meningkat setelah perlakukan, dengan hasil pretest sebesar 65% siswa yang tuntas, artinya hanya 13 orang dari 20 siswa tuntas mencapai standar KKM sekolah ≥ 75. Sedangkan hasil postes yang tuntas sebanyak 90% siswa, artinya 18 orang dari 20 siswa tuntas, hanya 2 orang yang tidak tuntas. Namun secara keseluruhan penelitian ini sudah sukses meningkatkan pemahaman konsep siswa sescara klasikal. Selain itu motivasi dan respon siswa berada pada kategori sangat baik. Karena siswa usia 8-12 tahun cenderung mudah memahami sesuatu yang familiar dengan siswa itu sediri, siswa lebih aktif dan senang jika didesai pembelajaran yang menyerupai lingkungan mereka sehari-hari. 

Keywords


Percobaan IPA & Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Dahar, W Ratna. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Jakarta.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Dept. of Physics, Indiana University.

Ibrahim, M., Berkelanjutan, A., & Dasar, K. (2011). Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: Unesa University Prees.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.

Ramdhani, L., Fauzi, A., & Widia, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ruang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 33-42.

Saputra, Z. A. H., Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia model inkuiri untuk meningkatkan penguasaan konsep dan melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1218-1223.

Susanto A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: PT.Kharisma Putra Utama.

Suryani, E. S., Rusilowati, A., & Wardono, W. (2016). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD MENGGUNAKAN TWO-TIER TEST MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF. Journal of Primary Education, 5(1), 56-65.

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020a). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 467-473.

Widia, W., Syahrir, S., & Sarnita, F. (2020b). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting dalam Meningkatkan Life Skills di Era Industri 4.0. JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-6.

Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis pemahaman konsep dalam pembelajaran ipa pada siswa kelas IV SD di gugus II Kecamatan Banjar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3 (1).

Windura (2013). 1 st MIND MAP untuk siswa, guru & orang tua. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.