Pengaruh Penerapan Model PJBL-STEM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 4 Lubuk Alung
Abstract
Penelitianjinijdilatarbelakangijolehjrendahnyajhasil belajar peserta didik pada matanpelajaran IPAndan masih dominannya penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran. jTujuan penelitiannininadalahnuntuknmengetahuinpengaruhnmodel PjBL-STEM terhadapjhasil belajar pesertandidiknkelas VII SMPN 4 Lubuk Alung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi-Experiment dan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilannsampeljmenggunakannteknikjpurposivensampling khususnya pada kelas VII.1 dan VII.2. Instrumen meliputi tes objektif pretest-posttest, lembar observasi keterlaksanaan, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pretest dan posttest. Analisis Data Menggunakan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas, uji parametrik menggunakan uji t dengan bantuan Microsoft Excel. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperolehnnilainthitung sebesarj2,56 dan ttabeljsebesarj2,00. Hal ini menunjukkan nilai thitung ? ttabel, dengan demikian H0 ditolak yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasilnbelajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dapatndisimpulkannbahwanpenerapannmodel PjBL-STEM berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 4 Lubuk Alung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriana, J., Pemanasari, A., & Fitiani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2, 203.
Ananda, P. N., & Salamah, U. (2021). Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).
Aribowo, L. A. (2024). Efektivitas PjBL-STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Abad-21 Siswa SMP: Systematic Literature Review. Sendja: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 45–59.
Dhini, D. A. (2024). Efektivitas Project Based Learning Berbasis STEM di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR). Prosiding SemnasPENDAS, Universitas Negeri Malang.
Elisabet, Asran, M., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ipa menggunakan metode kerjakelompok di sekolah dasar. 4(3), 1–10.
Elsapita A.O, et al. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Science Technolgy Engineering and Mathematics terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik SMP Negeri 13 Sigi. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online http://jurnalfkipuntad.com/index.php/jpf.
Elva, Y., dan R. K. Irawati. 2021. Pengaruh model project based learning-STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terhadap pembelajaran sains pada abad 21. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan. 6(1): 793-798.
Fitriyani, F., & Yuliati, L. (2021). Penerapan Project Based Learning berbasis STEM untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 145–155. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18760
Hamdayana, Jumana. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Julaeha, I., Andriani, R., & Nugroho, T. (2021). Pendidikan Sains Terpadu untuk Sekolah Menengah Pertama. Penerbit ABC Jakarta.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis permasalahan pembelajaran ipa: studi kasus di SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(1), 50-58
Laboy-Rush, D. (2010). Integrated STEM Education Through Project-Based Learning. Learning.Com, 12. http://rondoutmar.sharpschool.com/UserFiles/Servers/Server_719363/File/12-13/STEM/STEM-White-Paper.
Lutfi, Ismail, Andi Asmawati, & Azis. (2018). Pengaruh Project Base Learning Terintegrasi STEM Terhadap Literasi Sains, Kreativitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 189-194.
Mira, M., & Putri, A. S. (2022). Pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 41– 44. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6469.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nofziarni, A., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar. 3(4).
Nurdiana, L., Winaryati, E., Maharani, E. T. W., Ikhsan, Z. H., Rauf, R. A., & Salaffudin, A. (2024). Implementation of STEM-Integrated PjBL Based on Lesson Study: Improving Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Educational Chemistry, 6(2), 71–84. https://doi.org/10.21580/jec.2024.6.2.22640
Putri, SM., R. S. Putri., G. D. Sukma., dan V. Leska. (2023). PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI ABAD 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 10(2): 249-259.
Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2023). Integration of STEM in Project-Based Learning to Enhance Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Science Education Research, 7(2), 115–124.
Rosytha et., al. (2023). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL pada Materi Suhu dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMPN 2 Bontang. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ). http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/kpej.
Wahyuni, S., Setiawan, B., & Lestari, H. (2022). Project-Based STEM Learning to Improve Scientific Literacy of Junior High School Students. International Journal of Instruction, 15(1), 233–248.
Yanto, F., Festiyed, F., Iswri, M., & Enjoni, E. (2019). Meta-Analysis: Improving Creativity through Assessment in a Problem-Based Learning Environment. In 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018) (pp. 23-26). Atlantis Press.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.709
Refbacks
- There are currently no refbacks.