Pengaruh Permainan Tradisional Tapa Gala Terhadap Peningkatan Kerjasama dan Toleransi Siswa dalam Pendidikan Jasmani
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, N. (2018). Permainan tradisional, alternatif media pengembangan kompetensi sosial-emosi anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10405
Anam, K., Salamuddin, M. A., Sari, P. W. P., Wafi, M. C., & Amelia, E. R. (2024). Pengenalan Permainan Tradisional Kepada Generasi Muda Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Di Era Digital. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 7(2), 69-74. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v7i2.486
Arifin, N. (2025). Pendidikan Karakter di Era Digital. Penerbit Tahta Media.
Ariyanti, W. (2025). Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Bakiak . Early Childhood Journal, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4829
Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui metode bermain pada kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. JM, 3(1), 33-44.
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14-23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071
Azzahra, L. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Terhadap Sikap Toleransi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Pertama. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(3), 16–25. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i3.255
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215-217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149
Faradila, E. Z., Ihsani, H., Sopiah, R. N., Syahidah, S. M., Dealova, Z. K., & Mulyana, A. (2024). Efektivitas Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran PJOK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3119–3128. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1242
Field, A. (2024). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage publications limited.
Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education.
Giyartini, R., Rizqi, A. M., Aulia, D., Merliana, A., Irawan, M. I. A., Insan, S. M., & Ayuningtias, A. (2025). Exploring Symbolic Meanings And Cultural Values In Traditional Sasalimpetan Games. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 112-123.
Hariyadi, A., Rasyid, A., Rondli, W. S., Ismaya, E. A., Santoso, D. A., Najikhah, F., & Syaffuddin, M. (2024). Permainan Tradisional Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung di SD Kudus. Scientia, 3(2).
Hazhari, A., Handayani, S. S. D., & Sunarto, S. (2019). The Effect of Playing Mpa’ a Tapa Gala Game Toward Gross Motor Development on Early Childhood. Journal of Primary Education, 8(2), 117-126.
Hazhari, A., Handayani, S. S. D., & Sunarto, S. (2019). The Effect of Playing Mpa’ a Tapa Gala Game Toward Gross Motor Development on Early Childhood. Journal of Primary Education, 8(2), 117-126.
Kamadi, L., Bachtiar, I., Hanafi, S., Azis, I., & Sadzali, M. (2024). Pembelajaran penjas dalam bentuk permainan tradisional pada murid SD Negeri Mattoanging II Makassar. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–80. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v5i1.3404
Kamaruddin, I., Eskawida, E., Hamdiana, H., Rifai, M., Septiyani, R. D., & Ismawan, H. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran PJKR berbasis Permainan Tradisional untuk meningkatkan Kebugaran Jasmani. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 899- https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.749
Kirana, K. D. A., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan buku pedoman permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter toleransi anak usia 6-8 tahun. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 136-151.
Lasatama, H.L.H., Aningtyas, Y.R. (2025). Pengaruh permainan gobak sodor sebagai penguatan karakter peserta didik melalui layanan bimbingan konseling di sekolah. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 258–265. https://doi.org/10.29407/5jm71j85
Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh permainan tradisional terhadap minat siswa dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMAN 1 Cikembar. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 82-90.
Lestari, I., Fahrizal, F., Amirzan, A., Hidayat, R., & Syatiri, M. (2025). Revitalisasi permainan tradisional sebagai warisan sejarah dalam meningkatkan aktivitas fisik anak sekolah dasar. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(03), 955–965. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/678
Ngindana, R., Novita, A. A., Sentanu, I. G. E. P. S., Putra, E., Hidayat, M. A., & Salsabila, A. F. (2024). Peningkatan pengembangan kognitif dan pembentukan karakter anak melalui permainan dan kegiatan berbasis local genius. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 8(1), 110–122. https://doi.org/10.33474/jipemas.v8i1.22576
Nugraheni, O., Pertiwi, A. D., Sjamsir, H., & Anjarwati, F. (2025). Implementasi Sikap Toleransi Beragama melalui Metode Pembiasaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(2), 800–810. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i2.1107
Nur, M. (2025). Efektifitas Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 165-182. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.808
Nuriya, H., Hidayah, Z., & Nugraha, W. A. (2010). Pengukuran konsentrasi klorofil-a dengan pengolahan citra landsat ETM-7 dan uji laboratorium di perairan Selat Madura Bagian Barat. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 3(1), 60-65.
Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A.I., & Purnomo, H. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Rohmah, S.N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Satriawan, R., Amar, K., & Fitriani, A. (2023). Tapa Gala Traditional Sports Games Based on Local Wisdom as Strengthening the Character of Mutual Cooperation. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 236-242. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.464
Sholehatun, S., Zain, M. I., & Angga, P. D. (2023). Nilai pendidikan karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor. Journal Of Classroom Action Research, 5(3), 180-186.
Suhartyaningsih, Tunnisa, F., Adiansha, A.A., & Nurgufriani, A. (2025). Pengaruh Model Game Based Learning Berbasis Mpaa Tapa Gala Terhadap Kemampuan Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30285
Sulikasmi, S., Noviani, D., & Arjaya, R. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Permainan pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 314- 329. https://doi.org/10.36835/jipi.v22i4.4376
Wirlyanti, F., Robiansyah, F., & Suprianto, O. (2024). Penguatan Karakter Kebhinekaan Global melalui Permainan Tradisional Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, 1(1), 490-497.
Yamin, M., Ardiansyah, R., Ikra, I., & Rafiun, A. (2022). Olahraga Tradisional Tapa Gala Dalam Menyatukan Nilai Multikultural Masyarakat. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 18-23.
Yasin, F. N. (2023). Model pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal terhadap keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 366–380. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i1.1721
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i3.616
Refbacks
- There are currently no refbacks.