Pengaruh Permainan Tradisional Tapa Gala Terhadap Peningkatan Kerjasama dan Toleransi Siswa dalam Pendidikan Jasmani

Erimansyah Erimansyah, Muhadi Muhadi, Faidin Faidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional Tapa Gala terhadap peningkatan kerjasama dan toleransi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian menggunakan desain quasi-experimental dengan model one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 80 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lambu pada semester genap tahun 2025. Instrumen penelitian berupa angket kerjasama dan toleransi yang diisi sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan dilakukan selama enam pertemuan dengan menerapkan permainan tradisional Tapa Gala dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek kerjasama dan toleransi siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui permainan Tapa Gala. Rata-rata skor kerjasama meningkat dari 68,40 menjadi 81,70, sedangkan rata-rata skor toleransi meningkat dari 66,50 menjadi 80,20. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan tradisional Tapa Gala efektif dalam membentuk karakter sosial siswa dan dapat diintegrasikan dalam strategi pembelajaran pendidikan jasmani berbasis budaya lokal.

Keywords


Tapa Gala; Permainan Tradisional; Kerjasama; Toleransi; Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Afrianti, N. (2018). Permainan tradisional, alternatif media pengembangan kompetensi sosial-emosi anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10405

Anam, K., Salamuddin, M. A., Sari, P. W. P., Wafi, M. C., & Amelia, E. R. (2024). Pengenalan Permainan Tradisional Kepada Generasi Muda Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Di Era Digital. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 7(2), 69-74. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v7i2.486

Arifin, N. (2025). Pendidikan Karakter di Era Digital. Penerbit Tahta Media.

Ariyanti, W. (2025). Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Bakiak . Early Childhood Journal, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4829

Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui metode bermain pada kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. JM, 3(1), 33-44.

Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14-23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071

Azzahra, L. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Terhadap Sikap Toleransi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Pertama. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(3), 16–25. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i3.255

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215-217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Faradila, E. Z., Ihsani, H., Sopiah, R. N., Syahidah, S. M., Dealova, Z. K., & Mulyana, A. (2024). Efektivitas Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran PJOK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3119–3128. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1242

Field, A. (2024). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage publications limited.

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education.

Giyartini, R., Rizqi, A. M., Aulia, D., Merliana, A., Irawan, M. I. A., Insan, S. M., & Ayuningtias, A. (2025). Exploring Symbolic Meanings And Cultural Values In Traditional Sasalimpetan Games. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 112-123.

Hariyadi, A., Rasyid, A., Rondli, W. S., Ismaya, E. A., Santoso, D. A., Najikhah, F., & Syaffuddin, M. (2024). Permainan Tradisional Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung di SD Kudus. Scientia, 3(2).

Hazhari, A., Handayani, S. S. D., & Sunarto, S. (2019). The Effect of Playing Mpa’ a Tapa Gala Game Toward Gross Motor Development on Early Childhood. Journal of Primary Education, 8(2), 117-126.

Hazhari, A., Handayani, S. S. D., & Sunarto, S. (2019). The Effect of Playing Mpa’ a Tapa Gala Game Toward Gross Motor Development on Early Childhood. Journal of Primary Education, 8(2), 117-126.

Kamadi, L., Bachtiar, I., Hanafi, S., Azis, I., & Sadzali, M. (2024). Pembelajaran penjas dalam bentuk permainan tradisional pada murid SD Negeri Mattoanging II Makassar. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–80. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v5i1.3404

Kamaruddin, I., Eskawida, E., Hamdiana, H., Rifai, M., Septiyani, R. D., & Ismawan, H. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran PJKR berbasis Permainan Tradisional untuk meningkatkan Kebugaran Jasmani. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 899- https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.749

Kirana, K. D. A., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan buku pedoman permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter toleransi anak usia 6-8 tahun. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 136-151.

Lasatama, H.L.H., Aningtyas, Y.R. (2025). Pengaruh permainan gobak sodor sebagai penguatan karakter peserta didik melalui layanan bimbingan konseling di sekolah. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 258–265. https://doi.org/10.29407/5jm71j85

Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh permainan tradisional terhadap minat siswa dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMAN 1 Cikembar. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 82-90.

Lestari, I., Fahrizal, F., Amirzan, A., Hidayat, R., & Syatiri, M. (2025). Revitalisasi permainan tradisional sebagai warisan sejarah dalam meningkatkan aktivitas fisik anak sekolah dasar. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(03), 955–965. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/678

Ngindana, R., Novita, A. A., Sentanu, I. G. E. P. S., Putra, E., Hidayat, M. A., & Salsabila, A. F. (2024). Peningkatan pengembangan kognitif dan pembentukan karakter anak melalui permainan dan kegiatan berbasis local genius. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 8(1), 110–122. https://doi.org/10.33474/jipemas.v8i1.22576

Nugraheni, O., Pertiwi, A. D., Sjamsir, H., & Anjarwati, F. (2025). Implementasi Sikap Toleransi Beragama melalui Metode Pembiasaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(2), 800–810. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i2.1107

Nur, M. (2025). Efektifitas Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 165-182. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.808

Nuriya, H., Hidayah, Z., & Nugraha, W. A. (2010). Pengukuran konsentrasi klorofil-a dengan pengolahan citra landsat ETM-7 dan uji laboratorium di perairan Selat Madura Bagian Barat. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 3(1), 60-65.

Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A.I., & Purnomo, H. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Rohmah, S.N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Satriawan, R., Amar, K., & Fitriani, A. (2023). Tapa Gala Traditional Sports Games Based on Local Wisdom as Strengthening the Character of Mutual Cooperation. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 236-242. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.464

Sholehatun, S., Zain, M. I., & Angga, P. D. (2023). Nilai pendidikan karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor. Journal Of Classroom Action Research, 5(3), 180-186.

Suhartyaningsih, Tunnisa, F., Adiansha, A.A., & Nurgufriani, A. (2025). Pengaruh Model Game Based Learning Berbasis Mpaa Tapa Gala Terhadap Kemampuan Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30285

Sulikasmi, S., Noviani, D., & Arjaya, R. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Permainan pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 314- 329. https://doi.org/10.36835/jipi.v22i4.4376

Wirlyanti, F., Robiansyah, F., & Suprianto, O. (2024). Penguatan Karakter Kebhinekaan Global melalui Permainan Tradisional Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, 1(1), 490-497.

Yamin, M., Ardiansyah, R., Ikra, I., & Rafiun, A. (2022). Olahraga Tradisional Tapa Gala Dalam Menyatukan Nilai Multikultural Masyarakat. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 18-23.

Yasin, F. N. (2023). Model pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal terhadap keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 366–380. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i1.1721




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i3.616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.