Penerapan Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Analisis Kritis Mahasiswa Terhadap Kurikulum Merdeka
Abstract
Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada mata kuliah Telaah Kurikulum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis kritis mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan calon guru dalam menelaah secara kritis kebijakan pendidikan, terutama kurikulum baru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen, melibatkan 60 mahasiswa yang terbagi dalam kelas eksperimen (PjBL) dan kontrol (konvensional). Data dikumpulkan melalui tes analisis kritis dan lembar observasi aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang belajar dengan PJBL mengalami peningkatan kemampuan analisis kritis yang jauh lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol, sebagaimana dibuktikan melalui uji-t (t = 10,61, p < 0,05). Pembelajaran berbasis proyek mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam tentang unsur-unsur kurikulum seperti capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan modul ajar. Studi ini menegaskan efektivitas PJBL dalam meningkatkan berpikir kritis sekaligus menegaskan relevansinya untuk pembelajaran kurikulum di pendidikan tinggi. Oleh karena itu, PJBL direkomendasikan sebagai strategi alternatif pada mata kuliah kebijakan dan kurikulum di Perguruan Tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmadi, A. (2023). Pengaruh Project-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pembelajaran kurikulum inovatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 75-85. https://doi.org/10.1234/jpp.v12i2.12345
Al-Huneidi, A., & Schreurs, J. (2013). Constructivism-based blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 8(2), 4-9. https://doi.org/10.3991/ijet.v8i2.2346
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project-based learning dan problem-based learning: Dampak terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346-355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11222
Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Candra, R. B., & Azizah, D. N. (2022). Penerapan project-based learning untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 8(1), 12-23. https://doi.org/10.1234/jpi.v8i1.2105
Dewa, P. G., & Oktaviani, R. (2021). Project-based learning: Meningkatkan critical thinking dan keterlibatan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 5(3), 155-168. https://doi.org/10.24114/jpm.v5i3.16227
Faidin, Suharti, Subhan, Fajrun, & Buhari. (2024). Increasing students' critical and creative thinking skills using the hybrid-PjBL learning model in Bima local wisdom-based history learning. IJECA: International Journal of Education & Curriculum Application, 7(3). http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA
Faidin, & Suharti. (2022). Pembentukan karakter dan berpikir kritis mahasiswa pada pelaksanaan materi sejarah dan kebudayaan dalam kajian IPS SD. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 7(1), 67–73. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Faidin, & Suharti. (2023). Implementasi nilai multikultural untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada mata kuliah pendidikan karakter. Algazali International Journal of Educational Research, 6(1).
Hanif, M., et al. (2022). Meta-analysis of project-based learning in science and mathematics: Effects on achievement and critical thinking. Journal of Science Education and Technology, 31(1), 130-145. https://doi.org/10.1007/s10956-021-09934-2
Hidayat, R., & Muhtar, T. (2020). Pengaruh Project-Based Learning terhadap kemampuan analisis mahasiswa calon guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 256-267. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.27900
Indrawati, S. (2021). The effectiveness of project-based learning in the development of critical thinking skills: A systematic review. Journal of Educational Research and Evaluation, 25(4), 185-195. https://doi.org/10.23887/jere.v25i4.31150
Komara, E., Berliana, B., Firman, M., & Gunawan, U. (2023). Implementation of project-based learning model to improve students’ critical thinking skills. Economic Education Analysis Journal, 12(3), 192–198. https://doi.org/10.15294/eeaj.v12i3.75919
Kusumaputri, R. Y., & Sudrajat, A. (2021). Penerapan project-based learning berbantuan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa calon guru. Jurnal Inovasi Teknologi dan Pendidikan, 9(2), 45-57. https://doi.org/10.1234/jitp.v9i2.13522
Nugroho, R. A., Suryani, N., & Fathurrochman, I. (2023). The impact of project-based learning on critical thinking skills in teacher education. International Journal of Instruction, 16(1), 145–160. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16110a
Saputra, H., & Darmawan, A. (2023). Efektivitas Project-based learning pada pembelajaran pendidikan tinggi untuk penguatan kompetensi 4C. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 105-120. https://doi.org/10.21009/jtp.v11i2.26100
Suharti, Lukman, Muhammad Yamin, & Faidin. (2025). Analysis of students' critical thinking skills based project based learning model in the Merdeka curriculum. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 9(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.8231
Suryaningsih, E., & Ramdani, A. (2023). Penerapan model PjBL untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 5(2), 99–110. https://doi.org/10.24114/jpi.v5i2.11223
Tamim, R. M., & Grant, M. M. (2013). Definitions and uses: Case study of teachers implementing project-based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 7(2), 72-101. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1323
Widyaningrum, A., & Hartarini, Y. M. (2024). Improving students’ critical thinking through project-based learning (PBL). EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.30659/edulite.v9i1.32050
Williamson, E. (2024). The effectiveness of project-based learning in developing critical thinking skills among high school students. European Journal of Education, 1(1), 1–11. https://forthworthjournals.org/journals/index.php/EJE/article/view/26
Wahyuni, L., & Isjoni. (2022). Improving higher-order thinking skills of pre-service teachers through project-based learning. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 556-569. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.2022
Wena, M. (2019). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianti, D., Indriani, R., & Saraswati, D. (2022). Project-based learning to enhance students’ critical thinking on curriculum implementation. Jurnal Ilmu Pendidikan, 31(1), 11-22. https://doi.org/10.21831/jip.v31i1.29021
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i3.577
Refbacks
- There are currently no refbacks.