Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Aqidah di Kelas 5 SDIT Imam Syafi'i Kedo Kota Bima Kota Bima
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi sangat krusial untuk mengakomodasi beragam kemampuan siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Aqidah di kelas 5 SDIT Imam Syafi’i Kedo Kota Bima. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan observasi dan wawancara untuk memperoleh hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Aqidah secara signifikan. Siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi saat belajar, karena metode ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar mereka. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan hasil akademis, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan menyenangkan. Penggunaan pendekatan ini juga memberikan kesempatan bagi guru untuk lebih kreatif dalam menyusun materi dan strategi pengajaran. Dengan adanya variasi dalam metode pengajaran, seperti diskusi kelompok, proyek berbasis pemecahan masalah, dan penggunaan teknologi, siswa dapat belajar sesuai dengan cara yang paling efektif bagi mereka. Hal ini membantu menciptakan suasana kelas yang dinamis dan kolaboratif, di mana siswa saling mendukung dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68-82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Aidah, A. N., Hidayat, A. F. S., & Annisa, M. N. (2023). Pengaruh Metode Tamyiz terhadap Penguasaan Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas V SDI Al-Azhar 47 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 101-116. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i1.6468
Almujab, S. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi: Pendekatan efektif dalam menjawab kebutuhan diversitas siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1). https://doi.org/10.23969/oikos.v8i1
Andajani, K. (2022). Modul pembelajaran berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru. (Tidak dipublikasikan)
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Gentry, M., & Owen, S. V. (2004). Differentiated Instruction: Understanding the Needs of Gifted and Talented Students. Gifted Child Today, 27(2), 38-41.
Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. New York: Routledge.
Huljannah, M. (2021). Pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran Di sekolah dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164-180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072-5087. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11534
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17-36.
Nurlaili, N., Suhirman, S., & Lestari, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dengan memanfaatkan multimedia pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 19-34. https://doi.org/10.29240/belajea.v8i1.6808
Sopianti, D. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN-Journal of Music Education, 1(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1278
Saryono, A. (2010). Metodologi penelitian kualitatif dalam bidang kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika, 98-99.
Sukmadana, I. W. A., & Sudarti, N. W. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. International Journal of Studies in International Education, 1(2), 19-30. https://doi.org/10.62951/ijsie.v1i2.18
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Slavin, R. E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.
Tomlinson, C. A., & Moon, T. (2014). Assessment in a differentiated classroom. Proven programs in education: Classroom management and assessment, 1-5.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: ASCD.
Tomlinson, C. A., & Strickland, C. A. (2005). Differentiated Instruction: Why We Need It and How to Do It. Educational Leadership, 63(3), 6-11.
Topping, K. J., & Trickey, S. (2007). Collaborative Learning: A Review of Effective Practices. Educational Psychology, 27(2), 185-195.
Zubair, S. N. A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Fase E di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Gorontalo: Bahasa Indonesia. Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti, 5(2), 83-88.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i02.471
Refbacks
- There are currently no refbacks.