Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA
Abstract
Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, presentasi dan pembuatan laporan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek pada materi sistem ekskresi manusia di SMPN 3 Aesesa. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest, dengan populasi seluruh kelas yang diajar oleh guru IPA yang sama. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kontrol dengan metode ceramah dan diskusi, serta VIII B sebagai eksperimen dengan pembelajaran berbasis proyek. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, observasi aktivitas siswa, serta penilaian produk proyek berupa proposal, laporan, dan poster. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan uji Gain dengan kriteria sedang-tinggi pada kelas eksperimen mencapai 86,67% sedangkan kelas kontrol 64,50%. Uji t menunjukkan t-hitung 2,88 >ttabel 2,00 artinya peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi sistem ekskresi manusia mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R., & Hidayat, R. (2018). “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMP.†Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 145-156.
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Identifikasi Keterampilan Generik Sains dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 186-193.
Baharudin H, Khairul A, Kamaruzaman J & Nik A. (2009). Project based learning practices in a politeknik kota bharu, Malaysia. Online at www.ccsenet.org/journal.html (diakses tanggal 10 Januari 2012)
Blumenfeld, P.C, E soloway, dan Marx R.W. (1991). motivating project-based learning: educational Psychologist.http://www.bgsu.edu/organizations /etl/proj.html. (diakses tanggal 10 Januari 2012)
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran tematik di sekolah dasar dalam pandangan teori konstruktivisme vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2).
Dimyati, M., & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Furqon, F. (2019). “Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Kolaboratif Siswa di Mata Pelajaran IPA.†Majalah Ilmu Pendidikan, 12(1), 33-45.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). “Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?†Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. doi:10.1023/B.0000034022.16470.f3.
Kurniawati, U., Wardana, L. A., & Hattarina, S. (2023). Penerapan Model Pembeljaran Project Based Learning (PBL) Matematika Pecahan Menggunakan Media Kardus Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Keaktifan Siswa SDN Mangunharjo 1. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 608-613.
Nastiti, P. T., & Wathon, A. (2019). Membangun Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 161-187.
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal pendidikan kimia, 4(1), 89-96.
Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60- 71.
Rahmawati, N. (2020). “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP.†Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(2), 89-95.
Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).
Sari, D. A. (2021). “Penerapan Project-Based Learning pada Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Pemecahan Masalah Siswa.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 211-218.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanti, N. K. E., Yati, M. S., & Khair, B. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Science Instruction and Technology, 3(1), 59-66.
Uneng, S., Widia, W., & Ewisahrani, E. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi dan Daya Serap Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 3(1), 28-33.
Widia, W., & Sarnita, F. (2020). Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1-5.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.458
Refbacks
- There are currently no refbacks.