Resistensi Sehari-Hari Guru Madrasah ITH Di Desa Ranupani
Abstract
Penelitian ini mengkaji praktik resistensi sehari-hari yang dilakukan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda (Madrasah ITH), sebuah lembaga pendidikan di Desa Ranupani, Jawa Timur, yang berada di bawah tekanan homogenisasi kebijakan pendidikan nasional. Dengan menggunakan metode etnografi, penelitian ini mengungkapkan bagaimana guru merespons tantangan geografis, sosial, dan kebijakan melalui strategi subtil yang mencakup pengembangan kurikulum berbasis budaya Tengger, penghapusan stratifikasi pendidikan formal, serta adopsi pendekatan pendisiplinan berbasis kearifan lokal. Strategi ini tidak hanya menjadi bentuk resistensi terhadap aparatus negara tetapi juga sebuah upaya untuk menciptakan ruang pendidikan yang relevan secara kultural dan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Madrasah ITH berperan sebagai agen perubahan yang mampu menjembatani nilai-nilai tradisional dengan kebutuhan sistem pendidikan formal. Resistensi mereka tidak hanya mempertahankan identitas budaya lokal, tetapi juga memfasilitasi transformasi sosial di komunitas Tengger. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi konteks lokal dalam kebijakan pendidikan nasional untuk menciptakan sistem yang lebih inklusif, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat marjinal. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan model pendidikan berbasis lokal di wilayah tertinggal.
TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agamben, G. (2009). “What is an aparatus?” and other essays. Stanford University Press.
Amasuba, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap kesenjangn Pendidikan di Kota dan Desa. In A. Wijayanto, Apridar, & I. N. Marani (Eds.), Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Mutu Pembelajaran (1st ed.).
Apple, M. W. (2011). Education and Power. Taylor & Francis.
Apple, M. W. (2019). Ideology and curriculum (Fourth edition). Routledge.
Bhandari, N. B. (2022). Homi K. Bhabha’s Third Space Theory and Cultural Identity Today: A Critical Review. Prithvi Academic Journal, 171–181. https://doi.org/10.3126/paj.v5i1.45049
Choi, T. H. (2017). Hidden Transcripts of Teacher Resistance: A Case from South Korea. Journal of Education Policy, 32(4), 480–502. https://doi.org/10.1080/02680939.2017.1290280
Clear, J. (2018). Atomic habits: Tiny changes, remarkable results: an easy & proven way to build good habits & break bad ones. Avery, an imprint of Penguin Random House.
Desa Ranupani, P. (2024). Profil Desa Ranupani. Pemerintah Desa Ranupani.
Farid, M., & Pratitis, N. T. (2022). Kesejahteraan psikologis guru non-Pegawai Negeri Sipil (PNS): Menguji peranan relisiensi dan kebersyukuran. INNER: Journal of Psychological Research, 2(2), 160-169.
Foucault, M. (1991). Discipline and punish: The birth of the prison (Reprint). Penguin Books.
Foucault, M., Fruchaud, H.-P., Lorenzini, D., & Luxon, N. (2019). Discourse and truth and parrēsia. The University of Chicago Press.
Giroux, H. A. (2023). Insurrections: Education in an Age of Counter-Revolutionary Politics. Bloomsbury Academic.
Hammersley, M., & Atkinson, P. (2007). Ethnography: Principles in Practice (3rd ed). Routledge.
Hasanah, N. (2011). Pembentukan Karakter Berdasarkan Budaya Pengasuhan Anak di Suku Tengger: Studi Tentang Anak-Anak Suku Tengger di Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., & Pahliana, S. (2024). Strategi Mengatasi Resistensi Terhadap Perubahan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Terhadap Praktik Manajemen. Economic and Business Management International Journal, 4(1).
Hefner, R. W. (1990). The political economy of mountain Java: An interpretive history. University of California Press.
Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01). https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218
Huda, MI T. (2023, August 9). Madrasah Award 2023: Tuntutlah Ilmu Sampai di Kaki Gunung Semeru. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/miranupani/64d3a650633ebc355c695837/madrasah-award-2023-tuntutlah-ilmu-sampai-di-kaki-gunung-semeru
Johansson, A., & Vinthagen, S. (2015). Dimensions of everyday resistance: The Palestinian Sumūd. Journal of Political Power, 8(1), 109–139. https://doi.org/10.1080/2158379X.2015.1010803
Johansson, A., & Vinthagen, S. (2016). Dimensions of Everyday Resistance: An Analytical Framework. Critical Sociology, 42(3), 417–435. https://doi.org/10.1177/0896920514524604
Johansson, A., & Vinthagen, S. (2020). Conceptualizing “Everyday Resistance”: A Transdisciplinary Approach. Routledge.
Lilja, M. (2022). The definition of resistance. Journal of Political Power, 15(2), 202–220. https://doi.org/10.1080/2158379X.2022.2061127
Muhaimin, & Kristiawan, M. (2019). Resistensi Guru Mengajar di Daerah Terpencil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Muhibah, H. Y. (2015). Problematika Guru dalam Pembelajaran di MIS Nurul Huda di Desa Kiapak (Salah Satu Desa Tertinggal) Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. UIN Antasari Banjarmasin.
Pamungkas, P. D. (2019). Jalan Hidup dalam Keterbatasan Ruang: Munculnya Batas dan Gesekan di Ranupani (TNBTS) Lumajang. Universitas Brawijaya.
Saputra, A. K. (2023). Keterbelakangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. https://doi.org/10.31237/osf.io/p94a6
Scott, J. C. (1990). Domination and the arts of resistance: Hidden transcripts. Yale university press.
Scott, J. C. (2000). Senjatanya orang-orang yang kalah: Bentuk-bentuk perlawanan sehari-hari kaum tani (Edisi pertama). Yayasan Obor Indonesia.
Spindler, G. D. (Ed.). (1987). Interpretive Ethnography of Education: At Home and Abroad. Erlbaum.
Suprayetno, E., & Pohan, J. E. (2022). Resistensi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terintegrasi pada Kinerja Guru di Kelas. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(2).
Sutanto, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i1.0009
Wilson, S. (2022). Indigegogy: Using Indigenous Ways in Teaching. In Teaching in the Anthropocene: Education in the Face of Environmental Crisis (pp. 56–67). Canadian Scholars.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.440
Refbacks
- There are currently no refbacks.