Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menata Kesadaran Hukum Bagi Generasi Muda: Kajian Pustaka
Abstract
Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menata kesadaran hukum bagi generasi muda guna menciptakan masyarakat yang taat hukum. Kesadaran hukum membantu individu memahami hak dan kewajiban mereka serta berpartisipasi dalam penegakan hukum. Tujuan penelitian ini adalah dapat membentuk generasi muda yang bertanggung jawab dan aktif dalam kehidupan sosial budaya sesuai dengan kebijakan hukum. Pada Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan penggalian sumber-sumber informasi dari berbagai artikel dan buku yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi muda dituntut untuk belajar dan mengkaji pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk dijadikan sebagai dasar pandangan hidup sekaligus mengeksplorasi semangat nasionalisme dan cinta tanah air. Dengan melihat kondisi sosial yang terjadi saat ini bahwa generasi muda terpengaruh oleh poros globalisasi dan modernisasi sehingga menimbulkan krisis etika dan moral di era modernisasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmi, S. (2016). Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu pengejawantahan dimensi manusia sebagai makhluk individu, sosial, susila, dan makhluk religi. Likhitaprajna, 18(1), 77-86.
Barokah, A., Susanti, E., Febriyani, C., Dearezha, P., & Nadila, P. (2024). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk kesadaran hukum bagi remaja. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 1281–1286. https://rayyanjurnal.com/index.php/aurelia/article/download/2685/pdf
Cikdin, Y. K. A. (2022). Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(5), 176–183. https://doi.org/10.56393/decive.v2i5.1590
Hasibuan, Z. (2014). Kesadaran Hukum Dan Ketaatan Hukum Masyarakat Dewasa Ini. Publik, 2(2), 78–92. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Justitia/article/view/40
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381
Iyan, A., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas dan baik (smart and good citizen). IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 35-46.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nadziroh, N. (2016). Perananpendidikan Kewarganegaraan sebagai Pilar Pendidikan Hak Asasi Manusia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1).
Putri, A. L., Anggraeni Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 126–130. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2318
Ramadhan, D. E., Saputra, A. D., & Hamid, S. A. H. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Partisipasi Politik Remaja. Humaniorum, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.37010/hmr.v2i2.48
Safitri, R., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Edukasi Hukum Melalui Media Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 377–385. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1517
Septiano, A. K., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Upaya Peningkatan Rasa Nasionalisme Dengan Pendidikan Kewarganegaraan Kepada Generasi Muda Di Era Perkembangan Teknologi. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 63–66. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7460
Ulfa, N., Hidayah, Y., & Halimah, L. (2020). The Formation of Nationalism through Education of Citizenship in Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13(1), 65-83.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.433
Refbacks
- There are currently no refbacks.