Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Lara Kabupaten Bima

Jessy Parmawati Atmaja, Firmansah Firmansah

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Apakah kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Lara Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post fakto karena fakta yang dikumpulkan sudah ada sebelumnya, dan yang akan diselidiki adalah efektivitas antara variabel. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 1V dan kelas V beserta guru kelas IV dan kelas V SD Inpres Lara Kabupaten Bima. Teknik dalam pengambilan sampel dari populasi adalah purposive sampling, dimana data diambil melalui observasi non partisipan, angket atau kuesioner dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan kelas V SD Inpres Lara Kabupaten Bima dimana nilai r Hitung yang diperoleh 64,52 dengan frekuensi df = 59-1= 58, pada taraf koefisien determinasi 0,04% diperoleh r Table = 0,2441. Jadi, r Hitung>r tabel atau hipotesis nol (H0) kompetensi pedagogik guru tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Lara Kabupaten Bima ditolak dan hipotesis alternative (H1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Lara Kabupaten Bima diterima. Hal ini membuktikan bahwa kompetensi pedagogik guru efektif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. 


Keywords


Kompetensi Pedagogik; Guru; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Duma, S., Limbong, M., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 815-826.

Gunawan, R. (2006). Relevansi kompetensi lulusan SMK dengan tuntutan dunia kerja. Artikel Ilmiah. Bandung. UPI Bandung

Habibullah, A. (2012). Kompetensi pedagogik guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 10(3). 363-372. https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169

Muchlas, S. (2006). Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya: SIC dan Asosiasi peneliti pendidikan Indonesia (APPI).

Mukhtar, A., & Luqman, M. D. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa di kota makassar. Idaarah, 4(1), 1-15.

Rachmawati, T. dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92-102.

Setiadi, D., & Setiyani, R. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 390-399.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, I. (2012). Mengejar profesionalisme guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuni, S., & Adiyanti, M. G. (2011). Correlation between perception toward parent’s authoritarian parenting and ability to empathize with tendency of bullying behavior on teenagers. Jurnal Psikologi, 7(2), 106-118.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.