Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Afektif Anak Usia Dini: Kajian Literatur

Siti Maimuna, Lailatul Usriyah, Muallimin Muallimin

Abstract


Lingkungan keluarga dinilai menjadi faktor penting dalam perkembangan literasi anak usia dini. Orang tua sebagai anggota utama keluarga mempunyai peranan penting dalam menanamkan literasi pada anak sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga khususnya peran orang tua terhadap perkembangan literasi anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu studi literatur dengan mengumpulkan data dari artikel-artikel terkait selama sepuluh tahun terakhir. Mengumpulkan dan menganalisis data yang bersumber dari buku, majalah, surat kabar dan karya ilmiah lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pendidikan anak usia dini mempunyai peranan penting dalam perkembangan sepanjang hayat, dan lingkungan keluarga khususnya peran orang tua merupakan faktor kunci dalam perkembangan afektif anak. Faktor lingkungan keluarga yang mempengaruhi perkembangan afektif anak meliputi interaksi antara orang tua dan anak, praktik kesopanan dalam berbicara, lingkungan fisik yang mendukung perkembangan anak, dan suasana emosional di rumah.


Keywords


Lingkungan Keluarga; Perkembangan Afektif; Anak Usia Dini; Psikologi Perkembangan Anak.

Full Text:

PDF

References


Achmadi. (2005). Idiologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Danziger, K. (2009). Confessions of a marginal psychologist. History of psychology in autobiography, 89-129. https://doi.org/10.1007/978-0-387-88499-8_3

Elmore, K., Oyserman, D., Smith, G., & Novin, S. (2016). When the going gets tough: Implications of reactance for interpretations of experienced difficulty in the classroom. AERA Open, 2(3), 2332858416664714.

Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15-31. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126-129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.654

Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265-282. Diakses pada tanggal 20 Nov 2023 pada link: https://media.neliti.com/media/publications/114008

Julindrastuti, D., & Karyadi, I. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 7-20. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.98

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2 (2), 15-28.

Mueller, R. S. (2019). The Mueller Report. e-artnow.

Papalia, D. E., & Feldman, R. D. dan Martorell, G. (2011). Experience Human Development. McGraw-Hill

Prihantoro, W. S. G., & Hadi, S. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga terhadap sikap mental kewirausahaan. Economic education analysis journal, 5(2), 705-705.

Rahmat, S. Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265-282. T. (2019). Peran Keluarga Sebagai Basis Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyongsong Era Bonus Demografi. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1), 1-20. http://dx.doi.org/10.59177/veritas.v4i2.155

Rokeach, A., & Wiener, J. (2022). Predictors of friendship quality in adolescents with and without attention-deficit/hyperactivity disorder. School Mental Health, 14(2), 328-340. https://doi.org/10.1007/s12310-022-09508-3

Rumini, S., Purwanto, E., Purwandari, M. S., Suharmini, T., Si, M., & Ayriza, Y. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unsika. 6(2), 77-85. https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1797

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Wahyuni, I. (2022). Kajian Praktek Pola Asuh Dan Status Gizi Anak Umur 24-60 Bulan di Posyandu Melon Dukuh Jodag Kelurahan Sumberadi Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta). Di akses pada tanggal 20 Nov 2023 pada link: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/10411/3




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.