Penggunaan Buku Cerita Rakyat Menggunakan Bahasa Ibu dalam Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri I Soa

Orance Bili, Ni Wayan Suparmi

Abstract


Bahasa adalah alat komunikasi manusia yang digunakan secara lisan maupun tertulis. Tujuan pengajaran Bahasa Indonesia adalah agar siswa dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah yang berlaku yang mencakup keterampilan berbicara yang santun, tidak menyinggung perasaan lawan bicara, dan menciptakan komunikasi yang efektif serta harmonis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pemanfaatan buku cerita rakyat yang menggunakan bahasa ibu di SMP Negeri I Soa. Penggunaan Bahasa Ibu dalam cerita rakyat Dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, serta memudahkan siswa dalam mengungkapkan ide dan pendapat siswa secara lisan ataupun tertulis.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan disekolah selama penelitian. Penelitian despriktif ini digunakan untuk memaparakn hasil secara sistematis tentang pelaksaan pembuatan buku cerita rakyat berbasis bahasa ibu di sekolah. pembelajaran bahasa Indonesia siswa terlihat lebih nyaman menggunakan bahasa ibu (bahasa wue dan bahasa pona) sebab siswa menganggap bahasa Ibu lebih dipahami dan di mengerti. Hasil penelitian di SMP Negeri I Soa menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita rakyat berbahasa ibu efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Melalui pendekatan ini, siswa menjadi lebih percaya diri dan aktif dalam berbicara, serta lebih menghargai Budaya Lokal mereka.

Keywords


Buku cerita rakyat; Bahasa Ibu; Keterampilan berbicara; Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran penggunaan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dalam komunikasi keluarga di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2), 28–40. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.811

Dhenggo, F. (2023). Pengaruh bahasa daerah terhadap pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik 3B SDN Gembira. ARemBen: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1975, 19–22.

Mose, P. N., & Kaschula, R. H. (2019). Developing mother tongues as academic languages in primary schools in Kenya: Exploring extent and indispensability. Journal of Language, Identity & Education. https://doi.org/10.1080/15348458.2019.1645605

Nurjannah, A., & Suhara, A. M. (2019). Analisis penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas IX SMPN 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Putri, N. W. (2018). Pergeseran.

Puspitasar, T., & Devi, A. (2019). Pengaruh bahasa ibu terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2019: Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0 (Vol. 1, Issue 1, pp. 465–470).

Syaprizal, M. P. (2019). Proses pemerolehan bahasa pada anak. Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 75–86.

Suparmi, N. W., Kua, M. Y., Dolo, F. X., Dinatha, N. M., Gelu, A., Pare, P. Y. D., Mo’i, M. G. R., Bhala, M. R., Wele, M. A., & Meo, K. (2024). Pendampingan guru IPA dalam pemanfaatan media belajar berbasis kearifan lokal. Jurnal ABDIMAS Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 81. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2934

Samiaji, M. H. (2022). Pengarusutamaan bahasa ibu. Diakses pada 15 November 2022, dari ttps://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3727/pengarusutamaan-bahasa-ibu

Winarni, R. (2019). Bahasa Indonesia. Salatiga: Widya Sari.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i4.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.