Analisis Pemahaman Guru Terhadap Pembelajaran Abad 21 di SMPN 3 Kebonagung Satu Atap

Wanda Soraya Putri, Nimas Anaziroh Faridhoi, Widya Ayu Ningtyas, Winda Saputri, Nurul Malikah

Abstract


Pemahaman guru terhadap pembelajaran abad 21 menjadi kunci dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman guru terhadap pembelajaran abad 21 di SMPN 3 Kebonagung Satu Atap. Pentingnya implementasi pembelajaran abad 21 menunjukan bahwa guru di SMPN 3 Kebonagung Satu Atap masih perlu mendalami dalam keterampilan memanfaatkan teknologi. Sehingga hal ini membuat pembelajaran kurang maksimal. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Batasan penelitian ini terfokus pada pemahaman guru terhadap pembelajaran abad 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah memahami konsep pembelajaran abad 21, tetapi ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan yaitu ketersediaan teknologi pembelajaran dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi. 


Keywords


Analisis; Pemahaman Guru; Pembelajaran Abad 21

Full Text:

PDF

References


Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21st century standards and curriculum: Current research and practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150-154.

Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.

Kwartolo, Y. (2010). Teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 15-43.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit. Universitas Indonesia.

Mishra, P., & Mehta, Rohit. (2017). What We Educators Get Wrong About 21stCentury Learning: Results of a Survey. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 33(1), 6–19.

Mulyono, & Ampo, I. (2021). Pemanfaatan Media Dan Sumber Belajar Abad 21. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2), 93–112

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131.

Sarwandi. (2022). Strategi Pembelajaran Abad 21. Medan. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Suci, W. (2023). Analisis Urgensi Literasi Digital Era Pendidikan Abad 21 Terhadap Kompetensi Pendidik Di SD Negeri 8 Metro Timur. http://digilib.unila.ac.id/74318/ diakses pada April 2024.

Suharno, S. (2020). Urgensi Revitalisasi Pancasila dalam Membangun Karakter Kebangsaan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 23-33.

Susanna, S. (2014). Kepribadian guru PAI dan tantangan globalisasi. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 376-396.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40-52.

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis tantangan dan peluang guru di era digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21-28.

Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13, No. 2, pp. 1-18).




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i3.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.