Analisis Perilaku Komunikasi Nonverbal pada Anak Autis di Kelas Tuna Rungu

Haerunnisa Haerunnisa, Fitri Yani, Rahmatul Fitriah, Annisa Turrahmah, Ferbian Ibrahim, Asri Rahman, Nani Nani, Syafrurrahman Syafrurrahman, Hubertus Abal, Ramli Ramli, Sholihin Sholihin, Fitri Ningsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui perilaku komunikasi nonverbal anak autis selama proses pembelajaran 2) Mengetahui makna komunikasi nonverbal perilaku anak autis yang ditunjukkan selama proses belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data berupa kata-kata atau gambaran secara alami dan mendalam tentang keseluruhan informasi responden. Penelitian dilakukan di Desa Runggu, Kecematan Belo, Kabupaten Bima. Objek penelitian ini ditentukan berdasarkan ketidakmampuan anak autis dalam berkomunikasi khususnya Tuna Rungu. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan dan data sekunder dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dari pihak-pihak terkait yang terkait dengan penelitian ini. Data yang telah terkumpul selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku anak autis khususnya komunikasi nonverbal sangat berbeda dengan perilaku anak pada umumnya, Pada dasarnya anak tuna rungu ternyata dapat menunjukkan berbagai perilaku nonverbal, mulai dari penggunaan ekspresi wajah, kontak mata, gerakan tubuh dan haptika (sentuhan) dengan baik untuk menunjukkan perasaan mereka, dimana tingkah laku yang mereka tampilkan merupakan bentuk dari keinginan untuk berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan pendekatan dan perhatian terhadap anak autis sangat membantu seorang guru untuk memahami makna dari perilaku anak tersebut

Keywords


Perilaku; Komunikasi Nonverbal; Anak Autis.

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, F., Venus, A., Suryana, A., & Yustikasari, Y. (2020). Pola komunikasi insan berkemampuan khusus: Studi etnografi komunikasi pada interaksi sosial insan berkemampuan khusus di Rumah Autis Cabang Depok. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 98-109.

Borg, J. (2009). Smart Book Understanding Body Language. Jogjakarta: DIVAPress.

Devito, JA. (2011). Interpersonal Communication. Tangerang: Kharisma Publishing Group.

Duli, E. O. (2015). Komunikasi Nonverbal Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Provinsi Kalimantan Timur Di Kota Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 311-32.

Fitri, S. (2017). Analisa Semiotik Makna Motivasi Lirik Lagu “Cerita Tentang Gunung Dan Laut” Karya Payung Teduh. Jurnal Komunikasi, 8(3).

Hanafi, Abdillah. Understanding Human Communication. Surabaya: Business National.

Putro, H. E. (2017). Komunikasi Nonverbal Guru Dan Murid Dalam Pemahaman Pesan Pada Anak Autids Di TKLB Aisyiyah Krian. ETTISAL: Journal of Communication, 2(2), 19-29.

Mulyana, Dedy. 2001. Human Communication. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, J. Lexy. 2010. Qualitative Research Methodology. Bandung: PT. Teenagers Rosdakarya.

Mutia, F. (2018). Kemampuan anak autis menyerap informasi melalui proses belajar di sekolah inklusi. Jakarta: Universitas airlangga.

Navarro, J. & Marvins K. (2012). Easy Ways to Read Body Language. Jogjakarta: IMPERIUM.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29-37.

Pramana, D. (2017). Strategi Komunikasi Guru pada Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Harapan Mandiri Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 6(1), 103-116.

Prevezer, W., Newson, E., Christie, P., & Chandler, S. (2009). First steps in intervention with your child with autism: Frameworks for communication. Jessica Kingsley Publishers.

Rasyid, R. (2014). Perilaku Komunikasi Nonverbal Anak Autis Dalam Proses Belajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kota Makassar (Doctoral dissertation).

Suprato. (2006). Learning Communication. Bandung: PT. Teenager Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i2.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.