Pengaruh Bahan Ajar pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Eva Nursa'ban, Ewisahrani Ewisahrani, Mariam Ulfa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pakah materi pembelajaran buku guru IPA kelas 7 berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa angka-angka. Desain penelitian pre-test dan post-test kelompok kontrol digunakan sebagai desain penelitian. Siswa kelas VII SMP 02 Wera yang berjumlah 40 orang digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang terdiri dari kelompok kontrol (Kelas VII A) dan 20 kelompok eksperimen (Kelas VII B). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini digunakan angket yang terdiri dari 17 soal sebagai instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar sains gimnasium kelas 7 terhadap perkembangan berpikir kritis siswa SMP 02 Wera. Kuesioner/angket digunakan untuk mengukur valid atau tidaknya. Uji ini dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson atau membandingkan rhitung dengan r-tabel. Kebenaran data dapat dilihat jika rcount dangt; harga 5%. r-tabel dihitung maka dikatakan sah. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung yang dihasilkan sebesar 208,806 atau lebih besar dari f tabel (208,806> 4,351) dengan nilai sig sebesar 0,000. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap pengaruh signifikan bahan ajar IPA kelas VII dalam meningkatkan berpikir siswa.

Keywords


Bahan Ajar, Berpikir Kritis Siswa

Full Text:

PDF

References


Fidiantara, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Inkuiri Terhadap Peningkatan Literasi Sains. Jurnal Pijar MIPA, 15(1).

Khotimah, K., Nyeneng, I. D. P., & Sesunan, F. (2017). Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan respons bahan ajar multirepresentasi terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 119917.

Kurniawati, L. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VII SMP 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314.

Seoyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Open-ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205-218.

Sianipar, M. E. V., Gaol, R. L., Mahulae, S., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Keterampilan Sosial Anak Di Lingkungan Sekolah Di Sd Negeri 066050 Di Kecamatan Medan Denai. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2).

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univerisitas Jember, 5(2), 2089- 6158.

Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72-80.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.