Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA

Fathurrahmaniah Fathurrahmaniah, Lutfin Haryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Make a Match terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tonda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tonda yang terdiri dari 15 siswa dengan objek penelitian adalah mata pelajaran IPA yang diajarkan di kelas IV. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan teknik pengumpulan data secara kuantitatif dan menggunakan instrument berupa lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Tonda. Pada siklus I diperoleh 53,55% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 86,66%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tonda.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51-63.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 98-106.

Indriana. (2014). Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Kusumah, W., dan Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Listiani, Y., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan model pembelajaran make a match berbantuan video untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 9(8), 1–8.

Lovisia, E. (2017). Penerapan Model Make A Match pada Pembelajaran Fisika Kelas X Sma Negeri 2 Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 7–22.

Mufida, M. A., Suharno, & Chumdari. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dengan Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).

Muliyantini, P., & Parmiti, D. P. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigation (gi) untuk meningkatkan hasil belajar ipa kelas v. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 91-98.

Peraturan Menteri Pendididkan Nasional Republik Indonesia. (2006). No 22 . Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, 107–118.

Riyanti, N.N., & M. Husni,A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPGSD, 6(4), 440-450.

Sitompul, H. S., & Maulina, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 11–17.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Agresindo.

Wahyu A, K. C. (2017). Employing of Cooperative Learning Model Make a Match Type Aided Speaking Card Media As an Effort To Improve the Learning Outcomes of Students. Satya Widya, 33(1), 54.

Wibowowati, L. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Make a Match pada Fisika SMP Pembelajaran Sains. 16–26.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.