Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Anak dalam Menghadapi Ujian Sekolah si SD Negeri 15 Ntobo Kota Bima

Sri Yanti, Mardian Andriani, Mirham Nurul Hairunis, Ihsan Ihsan

Abstract


Kecemasan adalah ketegangan, rasa tidak aman dan kekhawatiran yang timbul karena Anak usia sekolah sangat membutuhkan dan menginginkan bimbingan atau dukungan dari orang tua maupun keluarga lainnya. Orang tua dapat membantu anak untuk menghilangkan kecemasan dan kejenuhan dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan anak dalam menghadapi ujian Sekolahdi SDN 15 Ntobo Kota Bima. Penelitan ini menggunakan design analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 27 responden. Analisa Data menggunakan Uji spearman rank dengan tingkat signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil uji statistik spearman rank dengan bantuan SPSS version 16 diperoleh diperoleh r hitung sebesar 0,058 dengan sig (2-tailled) sebesar 0,778 lebih besar dari α = 0,05 (0,008 < 0,05). Berdasarkan hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa ha ditolak dan ho diterima yaitu tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan anak dalam menghadapi ujian sekolah di SDN 15 Ntobo Kota Bima.


Keywords


Dukungan Keluarga, Kecemasan Anak & Ujian Sekolah

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (1990). Asuhan Keperawatan Pada Pasien dengan Gangguan Penyakit Jiwa. Jakarta: Pusdiknakes

Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Friedman, J. L., & Morsink, S. M. (1998). Axial instability of rotating relativistic stars. The Astrophysical Journal, 502(2), 714.

Friedman, M. (2010). Keperawatan Keluarga Edisi 5. Jakarta: EGC.

Goleman. (1997). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional); Mengapa. EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hasan dan Chitra. (2015). Kecemasan pada mahasiswa menjelang ujian skill lab. Diakses 30 Juni 2016, dari http://downloadportalgaruda.org/artikel.php

Hurluck. (2002). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Lumiu, S. E., Tuda, J., & Ponidjan, T. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak di Usia Pra Sekolah di Irina E BLU RSUP Prof Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 1(1).

Marantika. (2003). Kiat Sukses Dalam Study. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniasih. (2007). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah di Bangsal L RSUP Dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jurnal Kesehatan Surya Medika Yogyakarta. Diakses pada tanggal 10 Mei 2016 dari http://www.skripsistikes.wordpress.com.

Niahidayati. (2010). Anak Saya Tidak Nakal. Yogyakarta: PT. Pustaka Bintang.

Setiadi, H. (2007). Ujian Nasional (UN) yang Akurat dan Adil untuk Sekolah-sekolah di Indonesia yang Sangat Bervariasi Kondisi dan Kualitasnya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(65), 229-244.

Setiadi. (2008). Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supartini. (2004). Buku Ajar Konsep Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Stuart (2007). Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Syawal, G. (2012). Ujian Nasional sebagai Wahana Evaluasi Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Makalah Utama Semnas. Yogyakarta: Pascasarjana bekerjasama dengan HEPI DIY.

Tilaar. (2009). Kekuasaandan Pendidikan: Kajian Menejemen Pendidikan. Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rinika Cipta.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.