Efektivitas Penggunaan Strategi Three Connections (Making Connection) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMPN 3 Langgudu

Nurdianah Nurdianah, Juniati Juniati, Amanda Pratiwiningsih, Ma’ruf Ma’ruf, Waliyudin Waliyudin, Fitri Ningsi, Fitria Sarnita, Ramli Ramli, Arif Rahman Hakim

Abstract


Berdasarkan masalah penelitian, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi tiga koneksi dalam membaca siswa pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langgudu di tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam eksperimennya penelitian dan teknik tes yang digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah kedelapan siswa kelas SMP Negeri 3 Langgudu pada tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti mengambil 30 siswa dari 30 siswa sebagai contoh. Peneliti membandingkan dua kelompok sampel dan memberikannya pretest sebelum treatment dan posttest setelah treatment. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: pertama, pengajaran membaca cerita ulang tes teks dan naratif dengan strategi tiga koneksi lebih efektif daripada mengajar membaca pemahaman teks recount tanpa tiga strategi koneksi untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kedua, Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah skor rata-rata dari post-test dari kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan post-test dari kelompok kontrol. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi tiga koneksi efektif dalam membaca teks recount dan tes naratif pemahaman daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi tiga koneksi. Nilai uji-t adalah 4,66 dan nilai t tabel sebesar 0,361. Itu artinya skor t-test lebih tinggi dari skor t-tabel. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengajaran melalui strategi tiga koneksi efektif.

Keywords


Efektivitas, Strategi Tiga Sambungan, dan Membaca pemahaman

Full Text:

PDF

References


Anderson, (1997). Text Type In English 1 & 2, South Yarra: Mcmillan Education Australia

Arikunto & suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Clark, E and Herbert. (1997). Psychology and language an introduction to psycholinguistics. USA: horcount brace javanovich, inc

Dallmann & Marthal. (2003). Teaching Of Reading. Canada. CBS College publishing

Frazee, Bruce M and Rose A, Rudnitski (2005). Integrated Teaching Method Theory, Classroom Application and Field Based Connection. New York: Delmar Publisher.

Hadi & Sutrisno. (2007). Metodology Research 4. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Harvey and Goudvis. (2008). Three Connections (Making Connections). Jakarta

Harvey, S. (2000). Is aliteracy onsultant and staff developer for the denver-based public Eduation and Business Coalition. She coauthore, with Anne Goutvis, Strategies That Work: Teahing Comprehension to Enhane Undestading.

Harmer, J. (2007). How To Teach English. USA: Pearson Education.

Hatch, E., & Farhady, H. (1982). Research design and statistics for applied linguistics. US: Institute of Education Sciences

Iwuk P. (2007). A Guide for Reading Comprehension: Panduan Memahami Bacaan. Yogyakarta: PT Citra Aji Pratama

Jacobsen, David A, Paul Eggen, & Donal Kauchak. (2009). Methods For Teaching: Metode–metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK– SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keene & Zimmerman. (2011). Types Of Connections. USA. Prentice Hall.

Marno & Idris, M. (2010). Strategi & metode pengajaran: Menciptakan ketrampilan mengajar yang efektif dan edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mikulecky, B. S., & Jeffries, L. (2007). Advanced Reading Power: Extensive Reading, Vocabulary Building, Comprehension Skills. Reading Faster.

Muijs & Daniel. (2004). Doing Quantitative Research In Education. London: Thousand Oaks, New Delhi: Sage Publications

Nuttal, (2005). The Teaching Of Reading. Canada: CBS College publishing. Nunan, David. Language Teaching Methodology. USA: Prentice Hall.

Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology. USA: Prentice Hall.

Tovani (2008). Connecting The Readers. Yogyakarta: Karya Cipta

Widiyarto, S. (2017). Peningkatan Reading Comprehension Siswa SD melalui Penggunaan Media Kamus Bergambar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 1(1), 73-78.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.