Self Efficacy, Adversity Quotient, dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Fisika

Samsu Hilal, Julio Eiffelt Rossafelt Rumbiak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Self Efficacy, adversity quotient dan kreativitas terhadap hasil belajar fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi dan korelasi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Gunungsari di Kabupaten Serang Banten. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sebanyak 96 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket untuk mengukur Self Efficacy, adversity quotient dan kreativitas dan instrumen tes hasil belajar fisika siswa yang telah di validasi sebelumnya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Self Efficacy, adversity quotient dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar fisika . 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Self Efficacy terhadap prestasi belajar fisika. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan adversity quotient  terhadap prestasi belajar fisika.4) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika

Keywords


Terdir Self Efficacy, adversity quotient ,Kreativitas, hasil belajar fisika

Full Text:

PDF

References


Asep Saepudin. (2012). Hubungan Kompetensi Tutor Dalam Menggunakan Media Belajar Dengan Mutu Pembelajaran Pada Program Pendidikan Usia Dini. Jurnal Teknodik (Teknologi Pendidikan).Vol XVI. No. 2-Juni 2012.

Alwilso, Psikologi pendidikan, Malang : UMM Press, 2012.

Azar, F. S. 2013. Self Efficacy, Achievement Motivation and Academic Proscanitation As Predictor of Academis Achievement in Pre College Students. Proceeding of The Global Summit on Education.

Bojangga Silaban. (2006). Penerapan Model Pengajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Mengajarkan Fisika di Sekolah Menengah Umum. Jurnal. Vol 14, No.1 Februari 2006.

Chen, J. A., Pajares, F. (2010). Implicit Theories of Ability of Grade 6 Science Students: Relation to Epistemological Beliefs and Academic Motivation and Achievement in Science. Contemporary Educational Psychology, 35, 75–87.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Endang Sri Wahyuningsih, Model Pembelajaran Matery Leraning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar, (Yogyakarta:CV Budi Utama,2012), h. 65.

Hadijat, Moedjadi, Nyoman K, Sukarno, dan Soepomo. (2004). Kamus Sains. Jakarta: Balai Pustaka

Hamalik, U. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hans, jen z A. (2006). Strategi Pengembangan Diri. Jakarta : Personal Development Training.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta : Gaung Persada (GP).

Katherine H P, Budiyono, Sri Subanti. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Head ToGether (NHT) Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Se-Kab. Magelang Tahun Pelajaran. Jurnal Inkuiri. Vol 1, No. 1 2012.

Lin, T.-J., Tsai, C. C. (2013). A Multi-Dimensional Instrument for Evaluating Taiwanese High School Students Science Learning Self-Efficacy in Relation to Their Approaches to Learning Science. International Journal of Science and Mathematics Education 11, 1275–1301.

Mamad K dan Suko Pratomo. (2012). Model-Model Pembelajaran Berbasis Paikem. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ni Nyoman Parwati, I Putu Pasek Suryawan, Ratih Ayu Apsari, Belajar dan Pembelajaran, (Depok:PT. RajaGrafindo Persada, 2019), h. 24

Novariandhini, D.A dan Melly, L. 2012. Harga diri, efikasi diri, Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa SMA pada berbagai model pembelajaran. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling, 5.

Ormrod JE. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, terjemahan Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga

Purwanto, N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, N.M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Schunk DH. 1990. Goal-Setting and Self-Efficacy during Self Regulated Learning. Educational Psychologist, 25:71-86.

Sri Soeyati dan Agus Salam. (2007). Ensiklopedia Fisika. Jakarta: Ganeca Exact

Supardi U.S. (2013). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif Vol. 3 No. 1 April 2013.

Syah,M. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Zulkosky K. 2009. Self-Efficacy: A Concept Analysis. Journal Compilation Nursing Forum. 44(2):93-102




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.