Penggunakan Metode Jigsaw dengan Smart Domino Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini Kelas VIII di SMPN 8 Bima tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bima. Sampel penelitan adalah kelas VIIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan control group pre-test-post-test design. Hasil perhitungan uji normalitas pada kelas eksperimen sebesar 5,68, pada taraf kepercayaan 95%, dan hasil perhitungan uji normalitas sebesar 12,59, pada taraf kepercayaan 95%. Jadi, data nilai post-test siswa baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol dikatakan terdistribusi normal, karena nilai c2hitung < c2tabel. Setelah terbukti normal, maka dapat dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis (uji-t) terhadap data post-test pada kelas eksperimen dan post-test pada kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 5,85 sedangkan dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 1,67, sehingga jika dibandingkan ternyata thitung > ttabel. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain pembelajaran menggunakan metode jigsaw dengan smart domino efektif terhadap prestasi siswa kelas VIII di SMPN 8 Bima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: DEPAG.
Arikunto, & Suharsimi (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Tarsito.
_________. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asra, dkk. (2007). Komputer Dan Media Pembelajaran Di SD. Jakarta: Depdiknas
Chandra. (2006). Pengembangan Permainan Kartu Domino Sains IPA- Fisika Berbasis Pakem pada Siswa Kelas 3 SDN 37 Mataram. Skripsi SI Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram.
Nurmalasari, R. (2004). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajasran Fisika Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 SMPN 15 Mataram. Skripsi SI Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Rusman, (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Rokhmat, J. (2006). Taman Edukatif Untuk Anak TK dan SD. Dinamika Pendidikan: Halaman ditulis di sini.
Slavin, Robert E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Susilo, Joko. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumaji, dkk. (2010). Pendidikan Sains Yang Humanistis. Kanisius: Yogyakarta.
Uno, B. Hamzah. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i01.89
Refbacks
- There are currently no refbacks.