Efektivitas LKPD Scaffolding Question Prompt untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Bumi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, R., Tarihoran, A., & Sapriati, A. (2023). Pengaruh stabilitas emosi terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 55–64.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W. H. Freeman.
Fauzan, M., & Walidani, R. (2022). Pengaruh scaffolding berbasis pertanyaan terhadap self-efficacy siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 115–124.
Gusmardin, G., Wulandari, S., & Nurfadilah, N. (2019). Penggunaan Scaffolding Question Prompt dalam pembelajaran sains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 201–210.
Hartati, S. (2021). Penerapan scaffolding untuk mengatasi miskonsepsi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 34–46.
Ismayanti, R., Santosa, D., & Rafianti, I. (2022). Self-efficacy dan dampaknya terhadap motivasi belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 8(2), 122–130.
Kemala, R., & Yuliani, D. (2022). Pertanyaan penuntun sebagai strategi meningkatkan kemampuan konseptual siswa. Jurnal Pendidikan IPA Nusantara, 8(3), 201–210.
Khoirunnisa, H., Lestari, N., & Wijaya, R. (2021). Pengembangan LKPD berbasis penemuan untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 45–56.
Malik, A. (2023). Question prompts sebagai sarana meningkatkan keterlibatan kognitif siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sains, 7(1), 79–89.
Prastika, T. (2020). Analisis hasil belajar IPA ditinjau dari faktor kognitif siswa. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 4(2), 89–98.
Putri, N., Wicaksana, A., & Hardianti, R. (2023). Guided questioning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa. Journal of Science Education, 12(4), 250–262.
Rohman, F., & Wahyuni, P. (2024). Dampak scaffolding terhadap kemandirian belajar dan self-efficacy siswa pada pembelajaran sains. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(1), 78–90.
Santos, R., Kartini, T., & Rahmah, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis teman sebaya terhadap self-efficacy. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 88–97.
Sari, L., & Putra, Y. (2023). Supporting question prompts untuk meningkatkan motivasi dan self-efficacy siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran IPA, 5(2), 133–145.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryani, T. (2020). Efektivitas LKPD interaktif dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 221–230.
Tanaya, R., & Yasin, M. (2024). Peran pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Pendidikan Nasional, 12(1), 15–25.
Widowati, S. (2022). Refleksi berbimbing sebagai upaya meningkatkan self-efficacy siswa dalam pembelajaran sains. Jurnal Riset Pendidikan IPA, 11(2), 145–156.
Windasari, M. (2021). Pengaruh penggunaan pertanyaan bertingkat terhadap pemahaman konsep dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 57–68.
Wood, R., & Bandura, A. (1989). Social cognitive theory of organizational management. Academy of Management Review, 14(3), 361–384. https://doi.org/10.5465/AMR.1989.4279067
Zain, M., & Akhlis, I. (2020). Pengaruh strategi scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i1.8628
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v6i2.847
Refbacks
- There are currently no refbacks.






