Pengaruh Pembelajaran Model Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Pencemaran Air

Mahrun Mahrun, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Metode penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment untuk keterampilan proses sains siswa. Sedangkan untuk sikap ilmiah digunakan metode descriptive. Penelitian ini difokuskan  pada hasil keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa melalui model pembelajaran Guided Inquiry pada materi  pencemaran air. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap Tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitiannya adalah siswa-siswi kelas VII 1 dan VII 2 SMP Negeri 1 Kilo, tahun ajaran 2020/2021yang masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design untuk KPS dan Posttest Only Control Design untuk sikap ilmiah. Untuk kelas eksperimen dalam membelajarkan konsep pencemaran air digunakan model pembelajaran Guided Inquiry, sedangkan untuk kelas kontrol digunakan pembelajaran dengan metode demonstrasi. Kedua kelompok ini masing-masing diberikan  Pretes  pada awal pembelajaran dan Postes pada akhir pembelajaran. kriteria keberhasilan penelitian ini adalah adanya hubungan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pencemaran air. Hasil analisis menjelaskan bahwa ada pengaruh pembelajaran model Guided Inquiry terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, ditunjukkan pada perbedaan peningkatan presentase % N-Gain antara siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Guided Inquiry dengan siswa kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran demonstrasi. Rata-rata % N-Gain keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 60.75%, sedangkan siswa kelas kontrol yaitu sebesar 42.40% untuk keterampilan proses sains siswa. Sedangakan rata-rata nilai pada sikap ilmiah siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 75.78%, dan rata-rata nilai sikap ilmiah siswa kelas kontrol sebesar 56.47%. Hal tersebut di atas menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran model Guided Inquiry terhada keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. 

Keywords


Guded Inquiry, Keterampilan Proses sains, Sikap Ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Afnidar (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa Pada Topik Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 1 Mutiara Pidi. Jurnal JESBIO Vol. IV No. 1, Mei 2015. ISSN: 2302-1705

Dasna, I.Wayan. (2005). Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas. 5 September 2005.

Depdiknas (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas

Elyas D dan Trio A. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JPG). Vol. 01, No. 01, (Online) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jipg/index

Fraenkel, J.R., et.al. (2012). How to Design and Evaluate Receach In Education, 8th Edition. New York: Mc. Graw-Hill

Iskandar .(2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari. Buana Murni

Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, and Alka Arora (2011). Trends In International Mathematics And Science Study. TIMMS & PRILS. International Study Center. Linch Scholl Of Education, Bostan College.

Ongowo, R.O & Indoshi, F.C. (2013). Science Process Skill in Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examination. Journal of Scientific research, 4(11): 713-717.

PISA (2012) Assessment Of Students’ Mathematical, Scientific And Reading Literacy. Australian Council for Educational Research (ACER). ISBN. 9781742862330.

Sanjaya, W. (2006). Starategi Pembelajaran Berorientasi Standa Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana 20

Sayekti, I.C., Surwanto & Suparmi. (2012). Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen DanDemonstrasi Ditinjau Dari Kemampua Analisis Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 1,142-153

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitantif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Toharudin, U. dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Ulpiyana A. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pengguasaan Konsep Dan Kemampuan Berinkuiri siswa Pada Topik Sifat Larutan Penyangga. Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1, 101.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.