Pengaruh Pembelajaran Model Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Pencemaran Air
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnidar (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa Pada Topik Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 1 Mutiara Pidi. Jurnal JESBIO Vol. IV No. 1, Mei 2015. ISSN: 2302-1705
Dasna, I.Wayan. (2005). Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas. 5 September 2005.
Depdiknas (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas
Elyas D dan Trio A. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JPG). Vol. 01, No. 01, (Online) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jipg/index
Fraenkel, J.R., et.al. (2012). How to Design and Evaluate Receach In Education, 8th Edition. New York: Mc. Graw-Hill
Iskandar .(2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari. Buana Murni
Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, and Alka Arora (2011). Trends In International Mathematics And Science Study. TIMMS & PRILS. International Study Center. Linch Scholl Of Education, Bostan College.
Ongowo, R.O & Indoshi, F.C. (2013). Science Process Skill in Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examination. Journal of Scientific research, 4(11): 713-717.
PISA (2012) Assessment Of Students’ Mathematical, Scientific And Reading Literacy. Australian Council for Educational Research (ACER). ISBN. 9781742862330.
Sanjaya, W. (2006). Starategi Pembelajaran Berorientasi Standa Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana 20
Sayekti, I.C., Surwanto & Suparmi. (2012). Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen DanDemonstrasi Ditinjau Dari Kemampua Analisis Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 1,142-153
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitantif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Toharudin, U. dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Ulpiyana A. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pengguasaan Konsep Dan Kemampuan Berinkuiri siswa Pada Topik Sifat Larutan Penyangga. Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1, 101.
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.73
Refbacks
- There are currently no refbacks.