PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Amran Amir, Nikman Azmin, Irma Rubianti

Abstract


Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bertabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 6 Kota Bima, bahwa proses belajar mengajar siswa di dalam kelas masih banyak siswa yang kurang aktif, dikarnakan pendekatan yang dilakukan guru masih kurang bervariasi, sehingga menyebabkan siswa malas untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara  melibatkan  kelompok  control  disamping  kelompok  tersebut dengan tehnik random. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Jumlah seluruhnya adalah 120 orang siswa.  Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan open ended. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh 74,79. Sedangkan hasil analisis dan pengolahan data juga bisa dilihat dari perhitungan statistik uji t atau uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 2,28 dan t tabel 1,99. Karena t hitung lebih besar dari pada t tabel maka Ho diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan open ended terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020.

Keywords


Hasil Belajar, Pendekatan Open Ended

Full Text:

PDF

References


Alfira, M.A. 2016. Statistika penelitian. Mataram: Insan Madani Publising.

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40-46

Fitriani, A (2014). pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik berbantu video intraktif materi lingkaran kelas VIII MTsN Meranggen. Jurnal Florea , Vol 2, No 2

Herijon.2017. Penerapan metode pembelajaran diskusi kelas dan open ended questions untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN Bengkulu tahun pelajaran 2014, Vol 3, No (2)

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Johari, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat”, Vol 4, No (2).

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif Jogjakarta: Diva Press.

Sudiaranta, G.P 2017. Pengembangan pembelajaran berpendekatan tematik berorientasi pemecahan masalah IPA Terpadu terbuka untuk mengembangkan berfikir devergen,kritis dan kreatif” jurnal penddikan dan kebudayaan, Vol 2, No (2) Halaman 69-73

Syaifullah, S., Nurnazmi, N., & Azmin, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal di SMAN 3 Wera. EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 4(1), 60-68




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.