PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS DI SMA NEGERI 1 MADAPANGGA

F. Firmansah

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yakni analysis, design (perancangan), development, implementation , dan  evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Madapangga. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan produk, angket respon peserta didik untuk mendapatkan data kepraktisan produk, dan soal tes serta angket respon peserta didik untuk mendapatkan data keefektifan produk. Data yang diperoleh dengan instrumen yang telah divalidasi kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penilaian validator, media yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 3,8. Kemudian, hasil respon peserta didik terkait kepraktisan media berada pada kategori tinggi dengan nilairata-rata respon peserta didik sebesar 4,17. Selanjutnya, berdasarkan hasil tes dan angket respon peserta didik, tingkat keefektifan media pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 85,6, dan 90% peserta didik mencapai nilai tuntas Sedangkan hasil respon peserta didik sebesar 4,57 berada pada kategori tinggi.


Keywords


Media dan Barang Bekas.

Full Text:

PDF

References


Dimayanti, Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Renaka Cipta,

Hasnawati, (2014) “Pengembangan Media CD Interaktif Pembelajaran Asam Basa Basa Berbasis Macromedia Flash 8”, Skripsi (Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,

Miarso, (2004). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Muh Safei, (2011). Media Pembelajaran (Pengertian, Pengembangan, dan Aplikasinya) (Makssar: Alauddin University Press.

Mukminin, (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran,” dalam Tejo Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik”, Jurnal Ekonomi & Pendidikan,

Oemar Hamalik, (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensido,

Sudarwan Danim, Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Suharmisi Arikunto, (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Cet.3;

Jakarta: Kencana,

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2). 467-473.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.