MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA PELAJARAN IPA TERP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan model pembelajaran Index Card Match guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika. Penelitian ini difokuskan pada materi operasi hitung bilangan bulat yang dipelajari peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Kota Bima pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data kulitatif diperoleh dari observasi proses pembelajaran dan aktivitias belajar sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bima dalam pelajaran IPA Terpadu. Hasil Penelitian bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi IPA Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bima. Pihak sekolah sepatutnya mendukung dan menganjurkan para guru mata pelajaran apapun, terkhusus IPA untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif sehingga peserta didik akan lebih bersemangat, termotivasi, dan menikmati proses pembelajaran yang pada akhirnya juga bisa meningkatkan hasil belajar mereka di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).
Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40-46
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peseta Didik. Jurnal Basicedu: Research Dan Learning in Elemnetary Education, 3(4), 1047– 1054.
Bandiyah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dengan Pembelajaran Index Card Match. Didaktikum, 17(2).
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Penggunaan angka pada hasil tes tertentu dimaksudkan untuk mengetahui daya serap siswa setelah menerima materi pelajaran. Jurnal Biota, 2(1), 82–91.
Mansur, R. (2018). Belajar jalan perubahan menuju kemajuan. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM). Jurnal Elemen, 5(1), 12–22.
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93–105.
Rahman, T. (2018). model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas.Yogyakarta CV. Pilar Nusantara.
Syaifullah, S., Nurnazmi, N., & Azmin, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal di SMAN 3 Wera. EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 4(1), 60-68
Yuniantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2)
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.48
Refbacks
- There are currently no refbacks.