Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas IX di Kabupaten Sumbawa

Musahrain Musahrain, Ainurrahmi Ainurrahmi, Ferniawan Ferniawan, Ainun Sabrina

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan utama dalam pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kemampuan berpikir kritis diukur melalui empat indikator utama, yaitu interpretasi, analisis, menyimpulkan, dan menjelaskan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan rumus persentase dan dikonversikan ke dalam tabel kriteria berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, dengan rata-rata persentase sebesar 34,26%. Indikator interpretasi berada pada kategori rendah (39,35%), analisis dalam kategori sedang (48,06%), menyimpulkan dalam kategori rendah (30,92%), dan menjelaskan dalam kategori sangat rendah (20,65%). Hasil ini mengindikasikan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami, menganalisis, menarik kesimpulan, serta menjelaskan suatu konsep secara logis dan sistematis. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis meliputi kurangnya latihan soal berbasis pemecahan masalah, metode pembelajaran yang kurang mendukung pengembangan berpikir kritis, serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan metode pembelajaran aktif, pemanfaatan media pembelajaran interaktif, serta pemberian latihan soal berbasis masalah menjadi rekomendasi utama untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA.


Keywords


Critical Thinking; Learning; Natural Science.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, I., Hamzah, A. B., & Abdullah, M. N. L. Y. B. (2020). Effect of Social and Emotional Learning Approach on Students' Social-Emotional Competence. International Journal of Instruction, 13(4), 663-676. http://dx.doi.org/10.29333/iji.2020.13441a.

Akhdinirwanto, R. W., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). Problem-based learning with argumentation as a hypothetical model to increase the critical thinking skills for junior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.19282

Arigawati, N. H., & Kusnandi, K. (2023). Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gender dan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6125-6133. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2408.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Chairatunnisa, A., Marlina, L., & Wiyono, K. (2023). Improvement of critical thinking skills of junior high school students on heat transfer material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 10377-10386. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5681

Chrispim, M. C. (2021). Resource recovery from wastewater treatment: challenges, opportunities and guidance for planning and implementation. Frontiers in Neuroscience.

Ekici, M., & Erdem, M. (2020). Developing Science Process Skills through Mobile Scientific Inquiry. Thinking Skills and Creativity, 36, 100658. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658.

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.

Gelder, T. V. (2005). Teaching critical thinking: Some lessons from cognitive science. College teaching, 53(1), 41-48. College Teaching, 53(1), 41–48. https://doi.org/10.3200/CTCH.53.1.41-48.

Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68

Jiang, C., & Lou, Y. (2018). Integrated Strategies of Participatory Design and PBL Towards Collaboration Quality. In Cross-Cultural Design. Applications in Cultural Heritage, Creativity and Social Development: 10th International Conference, CCD 2018, Held as Part of HCI International 2018, Las Vegas, NV, USA, July 15-20, 2018, Proceedings, Part II 10 (pp. 46-59). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-92252-2_4

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971

Li, N. (2022). Reasonable or unwarranted? Benevolent gender prejudice in education in China. The Asia-Pacific Education Researcher, 31(2), 155-163. https://doi.org/10.1007/s40299-020-00546-6

Mazidah, I. N., & Widodo, W. (2023). Profile of the Implementation of Guided Inquiry-Based Interactive E-Module in Science Learning. Studies in Philosophy of Science and Education, 4(2), 43-55. https://doi.org/10.46627/sipose.v4i2.275

Musa, M. G., & Abdullah, Z. (2020). Integration of Problem Based Learning and Online Scaffolding For Educational Purpose: A Mini-Review. Asia Proceedings of Social Sciences, 6(1), 31-35. https://doi.org/10.31580/apss.v6i1.1222

Muwafiqoh, A., & Ulum, K. (2023). Inovasi dan Transformasi Pendidikan islam Melalui SKB 3 Menteri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 397-404. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i3.15947

Nurmin, N., Sudia, M., & Busnawir, B. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas viii smp negeri 16 buton tengah ditinjau dari self concept siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 6(1). https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18619

Permendikbud, R. I. (2003). Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Pertiwi, H. K. (2022). Developing science module of problem-based learning to improve critical thinking skill. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1-8. https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1213

Pursitasari, I. D., Suhardi, E., Putra, A. P., & Rachman, I. (2020). Enhancement of student’s critical thinking skill through science context-based inquiry learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 97-105. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21884

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Ratnasari, N., & Prayitno, B. A. (2020, March). The role of students’ critical thinking skills in junior high schools on chapter organism and its environment. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1511, No. 1, p. 012064). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012064

Rohana, R., Syarifuddin, S., & Mutmainah, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(2), 54–69.

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3098

Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Ruzaman, N. (2020). Inquiry-based education: Innovation in participatory inquiry paradigm. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(10), 4-15.https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.11460

Safianti, S., Shoffa, S., & Suprapti, E. (2022). Efektivitas model pembelajaran blended learning dengan pendekatan stem dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 111-123. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2530

Salim, A., & Aryuni, V. T. (2022). Penggunaan Prinsip Recycle di Media Pembelajaran 3D untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Tata Surya. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 949-956. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.698

Sari, R., Sumarmi, S., Astina, I., Utomo, D., & Ridhwan, R. (2021). Increasing students critical thinking skills and learning motivation using inquiry mind map. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(3), 4-19. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i03.16515

Sidiq, Y., Ishartono, N., Desstya, A., Prayitno, H. J., Anif, S., & Hidayat, M. L. (2021). Improving elementary school students’ critical thinking skill in science through hots-based science questions: A quasi-experimental study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 378-386. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.30891

Solé-Llussà , A., Aguilar, D., & Ibáñez, M. (2020). Video-worked examples to support the development of elementary students’ science process skills: a case study in an inquiry activity on electrical circuits. Research in Science & Technological Education, 40(2), 251-271. https://doi.org/10.1080/02635143.2020.1786361

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053

Sutia, C. (2022). Pengetahuan Alam. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta Selatan.

Sutiani, A., Situmorang, M., & Silalahi, A. (2021). Implementation of an inquiry learning model with science literacy to improve student critical thinking skills. International Journal of Instruction, 14(2), 117-138. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1428a

Syafruddin, I.S., & Pujiastuti, D.H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089–100.

Tabiin, P. (2021). Student’s perception toward the use of edlink platform at the second semster of english program at iain parepare. Frontiers in Neuroscience.

Varenina, L., Vecherinina, E., Shchedrina, E., Valiev, I., & Islamov, A. (2022). Retraction notice to “Developing critical thinking skills in a digital educational environmentâ€[Thinking Skills and Creativity Volume 41, September 2021, 100906]. Thinking Skills and Creativity, 46, 101088. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101088

Wayudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan petunjuk praktikum IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 196-203. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36245

Wahyuni, S. (2024). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa smp melalui model discovery learning berbasis lesson study. Eduproxima Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 6(2), 535-544. https://doi.org/10.29100/.v6i2.4947

Wulandah, S., Hufad, A., & Sulistiono, E. (2023). Urgensi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi pada pendidikan abad 21. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 59. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.41771.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012006




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.