Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX3 SMP Negeri 12 Kendari

Rusnawati Rusnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kendari materi Partikel Penyusun Benda dan Mahluk Hidup melalui penerapan model pembelajaran. Problem Based Intruction. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022, di SMP Negeri 12 Kendari pada siswa kelas IX.3 berjumlah 34 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah faktor siswa dan faktor guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, meliputi: a) perencanaan; b) pelaksanaan tindakan; c) observasi dan evaluasi; d) refleksi. Data yang diperoleh dalam  penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil dpenelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Base Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dan guru. Persentase rata-rata aktivitas siswa yaitu 81,84% dan persentase rata-rata aktivitas guru yaitu 89,58%. Sedangkan hasil belajar siswa pada materi partikel penyusun benda dan mahluk idup phada manusia diperoleh 81,25% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dengan demikian kriteria ketuntasan minimal sekolah yaitu 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70 dapat tercapai.

Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Instruction.

Full Text:

PDF

References


Abodaswara. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IA4 SMAN 2 Kendari Tahun Ajaran 2008/2009 Pada Materi Pokok Fluida Statis. FKIP UNHALU. Kendari

Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup.

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Depdikbud

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hindrasti, N. E. K., (2011). Pengaruh Problem Based Instruction Pada Siswa Dengan Tingkat Motivasi Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas X Sma Batik 1 Surakarta. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Ibrahim, M dan Nur, M., (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Unesa. University Press

Prasetyo, H. (2011). Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Kelas Ix H Smp Negeri 2 Majenang. FKIP. Yogyakarta.

Setiyoningsih, H., (2009). Upaya Meningkatkan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Optimalisasi Penggunaan Media Dengan Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sukarma, I Ketut & Ferdian Rizki Sani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem BasedInstruction (PBI) Untuk Meningkatkan Aktivitas danPrestasi Belajar Siswa. Empirism Journal. Vol.1(3).

Usman, U dan Setiawati, L., (1993). Statistika. Bandung. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i2.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.