Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023

Herman Herman, Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah, Anita Rahmawati, Erni Suryani, Oda Apriliani Kartini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui desain Posttest Only Control Group Design. Populasi terdiri dari 3 kelas seluruhnya berjumlah 96 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling yang terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan rumus Uji t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum mendapatkan perlakuan dan hasil belajar siswa yang setelah mendapatkan perlakuan (thitung = 3,378 > ttabel = 1,684). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023.


Keywords


Model pembelajaran., Make A Match., Hasil Belajar Biologi

Full Text:

PDF

References


Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152-163.

Hamid, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Tumbuhan Lumut Kelas X SMA Negeri 2 Sarmi. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(2), 39-46.

Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795-5799.

Hatimakausarina, N., Jayanti, M. I., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Faat Bara Tahun Pelajaran 2022/2023. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 18-24.

Kurniasari, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 40-45.

Noviyanto, T. S. H., Susanti, B. H., & Khairunnisa. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 572- 581.

Nurfathurrahmah, N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 21-28.

Nurfathurrahmah, N., Jayanti, M. I., & Ariyansyah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Kooperatif Mahasiswa. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 8-13.

Ririantika, R., Usman, M., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). Penerapan model pembelajaran tipe “make a match” terhadap hasil belajarbahasa indonesia. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1-6.

Rosdiani, R., Nasir, M., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial), 1(1), 8-11.

Selviati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Kognititf Siswa Pada Materi Fungi Kelas X SMA Negeri 3 Gowa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendikan Universitas Muhammadiyah Makasar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Temas 02 Batu Melalui Penerapan Metode Make a Match Berbantuan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 329-353.

Yuniawati, P. S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.