Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Think-Pair-Share pada Mata Kuliah Geometri Analitik

Arnasari Merdekawati Hadi, S Saifullah

Abstract


Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan pendidikan matematika, matematika adalah sumber bagi ilmu pengetahuan yang lain. Kenyataannya sampai saat ini matematika masih menjadi masalah bagi sebagian siswa bahkan sampai pada tataran perguruan tinggi pun hal tersebut masih menjadi masalah. Sebagian mahasiswa masih menganggap matematika sangat sulit sehingga mereka sering acuh tak acuh dalam mengikuti proses pembelajaran, mencari-cari alasan tidak masuk kelas karena materi yang sulit. Akibatnya, prestasi belajar matematika yang dicapai mahasiswa masih tergolong rendah. Kondisi itu terlihat dari hasil tes yang masih belum tuntas lebih dari 60% dari jumlah mahasiswa dalam satu kelas.Oleh karena itu, salah satu metode yang dapat diterapkan dalam mengatasi masalah tersebut adalah pendekatan Think-Pair-Share. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitiannya 26 mahasiswa program studi matematika STKIP Bima semester IV B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 20,33% dari siklus I ke II sedangkan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 20,35% dari siklus I ke II , dengan demikian Pendekatan Think Pair Share mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa melalui tiga tahapan yaitu Thinking, Pairing dan Sharing

Keywords


Think Pair Share, Hasil Belajar, Geometri Analitik

Full Text:

PDF

References


Delphie, Bandi. (2009). Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Sleman: Intan Sejati Klaten

Hadi, A. M., & Saifullah, S. (2018). Peningkatkan Kemampuan Guru Matematika dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Bimbingan Individual di SMP Negeri 3 Kota Bima. Supermat (jurnal pendidikan matematika), 2(2), 10-17.

Iskandar.(2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Moloeng, Lexy J..(2009). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (2008). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Panen, Paulina. (2004). Belajar dan Pembelajaran I. cetakan keenam. Jakarta: Departemen Pendidikandan Kebudayaan RI

Purwoto.(2000). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press

Sardiman, A.M. (2005). Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan kedua belas. Jakarta: RinekaCipta.

Setiawan, R., Aryaningsyih, S., & Saifullah, S. (2018). Perbandingan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Dengan Tipe Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Bima. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 28-35.

Sutratinah Tirtonagoro. (1994). Anak super normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.