Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi dan Daya Serap Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022

St Uneng, Widia Widia, Ewisahrani Ewisahrani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan daya serap siswa melalui penerapan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran IPA pada kelas VII SMPN 1 Bolo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan mengammbil dua kelas sebagai sampel yang berjumlah 54 orang siswa kelas VII SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan alasan aktivitas siswa dan motivasi dalam diskusi pada kelas tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan penelitian ini dilaksanakan pada SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima mulai Agustus 2021 sampai Oktober 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pre- test dan post-test. Hasil tes siswa pada kelas eksperimen seperti terlihat pada hasil perhitungan yaitu 191, 254, 63, dan 149. Sedangkan pada kelas Kontrol hasil perhitungannya yaitu 146, 165, 19 dan 27 Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung = 7.74 dan t tabel = 1.67 dengan demikian t hitung > t tabel. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode diskusi kelompok dapat membantu siswa dalam menguasai pelajaran IPA dibuktikan dengan hasil analisis data sebesar 7.74 kemusian dikonsultasikan dengan tabel signifikan 5% dengan derajat kebebasan 58, menunjukkan nilai t hitung > t tabel. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode diskusi kelompok pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan daya serap siswa kelas VII SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


Metode Diskusi, Motivasi Belajar, Daya Serap Siswa.

Full Text:

PDF

References


Adela, D. (2019). Pendekatan Lingkungan Sekitar Sebagai Basis Pembelajaran untuk Mengembangkan Sikap dan Nilai Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 26-32.

Arikunto & Suharsimi. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98-106.

Fauzi, A. (2017). Daya Serap Siswa Terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pusaka, 4(2), 50-67.

Hartatiek, H., Yudyanto, Y., Winarto, W., Supriana, E., Taufiq, A., & Diantoro, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ulum Malang. Jurnal KARINOV, 1(2).

Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Ika, 16(1), 1-11.

Muhibbin, S. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis kompetensi konsep, karakteristik, dan implementasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Najahah, N. (2015). Potensi Daya Serap Anak Didik terhadap Pelajaran. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 1(2), 159-171.

Roestiyah, N. K. (2008). Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Santoso, B. S. S. A. (2021). Tingkat Daya Serap Siswa Terhadap Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 187-202.

Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: PT. Rajawali Pres Grafindo Persada.

Sitohang, Y. U. P. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Example Nonexample Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Supriyati, I. (2020). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas viii mtsn 4 palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104-116.

Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary, 4(1).

Wahjudi, E. (2015). Penerapan discovery learning dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lensa, 5(1), 1-15.

Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1).

Widiarsa, I. N. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode diskusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 234-253.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i1.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.