Relevansi Pemahaman Tentang Bakteri Terhadap Penerapan Pola Lingkungan Sehat Pada Kelas X SMA N 1 Madapangga

Abdul Muhaimin, Nikman Azmin, Azhar Azhar, Bakhtiar Bakhtiar, Hartati Hartati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Dengan mengambil lima kelas sebagai populasi yang berjumlah 240 orang dengan juml;ah sampel 45 orang siswayaitu dua kelas X.1 empat kelas X.2  empat kelas X.3 pada siswa kelas X SMA N 1 Madapangga. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan metode angket dan tes. Metode tes digunakan untuk mengukutr variabel X (pemahaman tentang bakteri) sedangkan metode angket untuk mengukur variabel Y (pola lingkungan sehat).data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik korelasi product moment dengan taraf signifikan 5% dari hasil analisis data diperoleh hasil nilai rxy = 0,479 dan r tabel = 0,294 dengan N= 45 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ada relevansi pemahaman tentang bakteri terhadap penerapan pola lingkun gan sehat pada siswa kelas X SMA N 1 Madapangga. Karena berdasarkan hasil perhitungan rxy dengan mengunakan “r” product moment yang menghasilkan rxy atau r hitung =0,479 dan lebih besar dari nilai r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,294 dan pada taraf signifuikan 10 % = 0,380. Artinya bahwa pemahaman siswa tentang bakteri pada siswa kelas X SMA N 1 Madapangga dalam penelitian ini adalah terdapat dan menunjukan adanya hubungan yang signifikan terhadap penerapan pola lingkungan sehat.


Keywords


Pemahaman Tentang Bakteri, Pola Lingkungan Sehat

Full Text:

PDF

References


Arsyati, A dan Sartika, I. (2019). Peningkatkan Optimalisasi Pola Hidup Dan Lingkungan Sehat Masyarakat Di Desa Cibatok Dua. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 105-112.

Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah, O. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran IPA

Amiruddin, A., Rubianti, I., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4). TERP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 1-6.

Aswadin, A., Azmin, N., & Bakhtiar, B. (2021). Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas VIII SMPN 8 Satap Soromandi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(2), 6-10.

Basuki, K. H., Rosa, N. M., & Alfin, E. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Menata Lingkungan Yang Asri, Nyaman Dan Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 1-9.

Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).

Inayati, I. N., dan Trianingsih, R. (2019). Relevansi Pendekatan Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd/Mi Dengan Konsep Madrasah/Sekolah Ramah Anak. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 139-153.

Kurniasari, K. C. (2019). Hubungan Kandungan Bakteri Air Minum, Ketersediaan Jamban Keluarga Dan Perilaku Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Kesehatan).

Rahmah, Y., Nasir, M., & Azmin, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 40-46.

Zakaria, F., & Dwianti, I. (2021). Pendekatan Komunikasi Dalam Penanganan Pencemaran Lingkungan (Studi Kampanye Hubungan Masyarakat “Citarum Harum Juara” Untuk Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Tahun 2019). Tornare: Journal of Sustainable and Research, 3(1), 13-21.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i2.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.