Pengaruh Kecerdasan dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Algoritma

Samsu Hilal, Kiki Roidelindho, Julio Eiffelt Rossafelt Rumbiak

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan dan Adversity Quotient terhadap hasil belajar matakuliah algoritma. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah mahasiswa Agroekoteknologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa semester ganjil dipilih secara random sejumlah 60 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalan. Instrumen berupa data template test potensi akademik tingkat kecerdasan mahasiswa saat masuk universitas, angket quisioner skala likert untuk mengetahui adversity quotient mahasiswa dan instrumen tes hasil belajar matakuliah fisika konsep algoritma gerak dua dimensi yang telah di validasi sebelumnya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar matakuliah algoritma antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan mahasiswa yang memiliki kecerdasan  rendah. Hal ini di buktikan dengan nilai Fh = 111,946 > Ft = 4,08. 2) terdapat perbedaan hasil belajar matakuliah algoritma antara mahasiswa yang memiliki Adversity Quotient tinggi dengan mahasiswa dengan Adversity Quotient rendah. Hal ini di buktikan dengan Nilai Fh = 27,731 > Ft = 4,08. 3) tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara kecerdasan dengan Adversity Quotient. Hal ini di buktikan dengan nilai Fh = 0,00 > Ft = 4,08

Keywords


Kecerdasan, Adversity Quotient, Hasil Belajar Mata Kuliah Algoritma

Full Text:

PDF

References


Barakbah, Ali Ridho, dkk. (2013). Logika dan Algoritma. Program Studi Teknik Informatika Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Bagus, K., & Udayana, T. (2018). Penerapan komponen dan struktur algoritma pada algoritma dan pemrograman dasar. Jurnal Bisnis dan Teknologi Politeknik, 5(1).

Harahap, E., Sukarsih, I., Gunawan, G., Fajar, M. Y., Darmawan, D., & Nishi, H. (2016). A Model-based simulator for content delivery network using Simevents MATLAB-Simulink. Insist, 1(1), 30-33.

Iskandar, R. S. (2017). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Nerpikir Kritis Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Program Studi Pendidikan dan Penelitian Matematika, 6(1), 21-32.

Maulana, G. G. (2017). Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web. J. Tek. Mesin, 6(2), 8.

Saniman dan Fathoni, M. (2008). Pengantar Algoritma dan Pemrograman. Jurnal SAINTIKOM, Vol. 4(1): 120-131.

Priatmoko, A., Erwin, Harahap. (2017). ‘Implementasi Algoritma DES Menggunakan MATLAB’. Jurnal Unisba. 16 (1)

Purnamasari, Detty. (2005). Materi Pengajaran: Algoritma dan Pemrograman. [Online]. http://detty.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4659/ Pendahulu- an.pdf. [21 September 2016].

Yendri, R. D. (2013). Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Layla-Majnun karya Sholeh Gisymar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i2.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.